Posted in kedai

Sup Berkah (Kerbau)


Ini dia sup Betawi yang sudah kesohor di kawasan Cilandak dan Kebagusan dan Ragunan Jakarta Selatan.

Letaknya mlipir di Outer Ring Road Selatan. Anda bisa pesan sup kerbau dengan istilah porsi besar atau porsi kecil, tidaklama kemudian makanan sudah siap saji dan tinggal di kucuri jeruk nipis, sedikit sambal. Kalau masih kurang sreg selain emping melinjo ada teman lain, tempe goreng, tahu cina goreng, perkedel. Sementara menunggu order datang, bisa juga anda menyantap Bugis manis.

Saya tidak tahu apakah Ibu Megawati nyempetin icip-icip masakan ini sebelum beliau jadi Presiden.

Yang jelas warung dengan pelang nama Berkah ini pada jam-jam makan siang ramainya luar biasa. Potongan dagingnya besar-besar, kadang sering diselipkan iga kerbau muda, tapi tetap keras juga tulangnya.

Karyawan Perusahaan saya memasukkan menu ini sebagai selingan dalam satu minggu. Tapi mimpi jadi direktur saja belum pernah. Juga belum pernah mimpi jadi Gubernur Penadah Mobil Curian.

Tempat parkirnya cukup luas.

Ini alamatnya:

Jalan Jeruk Purut No 22 tilp 7815652
antara Gedung Ratu Prabu dengan Mesjid Al MAGHFIROH
Arteri Arah Pondok Indah ke KampungRambutan, Wisma Raharja, Graha Elnusa,
Bursa Mobil Cilandak, SPBU Cilandak, ada pelang Ponpes Al Mahbubiyah, beluk
kiri masuk jalan Jeruk Purut. Parkir saja kendaraan didepan halaman Gedung
Ratu Prabu, dan tanya Sup Betawi Berkah yang buka dan jam sembilan pagi
sampai sembilan malam.

Porsi kecil 10.000 tahun 2003, disesuaikan Rp. 18000 (2006)
Porsi besar 12500 tahun 2003, disesuaikan Rp. 20.000 (2006)

Komentar
Ketika sawah saya masih di Landmark doeloe, jadi ya paling tidak 4 tahun yang lalu, saya pernah berburu soup kedaerah itu. Uedan tenann bok ……..dari Landmark cari makan siang sampai Cilandak. Dasar ….Mungkin gara-gara pada suka makan didaerah selatan itu ARCO/BP pindah office di selatan ya :-))

Disebelah utara Toll yach? Kalau nggak salah masuk kedalamnya nggak terlalu jauh kan broer? Masuknya agak miring, kayak ada taman /tanah segitiga pas di belokannya?
Cuman sumpah mati … aku dah lupa rasanya. Namanya juga udah lama. Atau mungkin bukan itu yang dimaksud ? Heru Pramono

Tulisan singkat soal Sup Kerbau ini sedang dipelajari oleh Tabloid Kontan untuk diangkat menjadi salah satu bahan laporannya. Saya tidak tahu apakah sup ini terkenal dengan sup guyur? sebab sup guyur itu logikanya daging dipisah dari kuahnya. Setelah ada yang order, maka baru diguyur kuah. Kalau lihat metode memasaknya, mungkin saja Sup Berkah itu bukan Sup Guyur. Lebih kacau lagi mulut saya berulangkali bilang Saoto Berkah, sampai-sampai oleh kasirnya dikoreksi, bukan soto pak tapi suppppH. Dan ada yang baru tahu bahwa Sup tersebut adalah daging Kalabau, tetapi terlanjur uenak tenaan. Mas Untung Supeno mana komentarnya???? Apa sibuk ke Cirebon? Tentang Ikan Gabus, ada yang tanya sup Gabus terkenal dimana?
Dan sayangnya saya belum tahu…

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

One thought on “Sup Berkah (Kerbau)

  1. wah enak tuch saya biasanya makan 10 porsi atau mangkok

    Jawab Yang bener mas.. saya satu porsi saja …sudah ..minta tambah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s