Asap membubung dari rig pengeboran berasal dari pembakaran minyak hasil sampingan uji produksi. Ada uji produksi berarti ada kegiatan explorasi, berarti ada kegiatan pengeboran berarti asap dapur saya juga masih mengepul.
Sebuah rig pengeboran laut dilihat dari titik puncak menara bor. Huruf DIAMOND (Offshore tidak nampak) dalam keadaan sesungguhnya memiliki ketinggian 40 meter. Di sebelah kiri ada huruf H dalam lingkaran kuning adalah Helipad Baja yang mampu ditunggangi Sikosky sampai 9 ton beratnya. Bayangkan saya berjalan kaki (ini olah raga saya) satu sampai dua jam berkeliling kota baja. Lantai heli dibikin kasar (komprot) sehingga sepatu keds cepat aus. Karena shift kerja saya antara jam 12 ke 12 maka kadang saya berjalan pada jam satu siang atau satu malam, tergantung.
Sayap kanan adalah Pipe Rack tempat menyimpan pipa-pipa besar seperti “RISER”. Di bagian selatan, adalah tumpukan pipa bor, pipa berat, casing. Bagian utara adalah haluan (Forward).
Helokopter jenis Sikorsky yang merupakan penghubung antara “base camp” dengan rig. Pergantian pekerja menggunakan helikopter.
Tampang para crew pengeboran – yang pakai orange coverall adalah ToolPusher atau Mandor
Kalau sering melihat pesawat terbang yang ditarik mobil pemandu menuju landasan pacu, maka kedua kapal tunda sedang menarik rig laut menuju lokasi yang akan di bor. Sementara yang nampak menjulang adalah ruang kemudi (pilot house)
Kerja boleh keras, tetapi soal gizi harus diperhatikan. Kantin makan dengan aneka rupa salad segar, minuman kaleng, jus buah, es krim, coca cola, capucino, hotmilk, yoghurt, steak lembut daging NewZealand, Lobster, daging kalkun, bebek semua ada disini. Yang gondrong adalah Store Keeper dari Amerika dan seorang lagi adalah Barge Captain asal India.
Kapal tunda sedang melakukan persiapan menarik rig dengan mengikatkan kawat baja pada lambungnya. Kalau sedang dalam keadaan tidak menarik kapal, maka kapal ini berfungsi sebagai kapal supplai.
Persiapan menurunkan jangkar dilakukan oleh kapal tunda yang akan membawa jangkar yang terikat pada rantai kapal. Keadaan makin rawan jika didasar laut banyak terdapat pipa bawah laut sehingga jangkar perlu dipasang penuh hati-hati agar tidak mengait pipa minyak.
Kadang dapat hiburan gratis dari indukan ikan Paus dan anaknya (sebelah kanan didalam air)
Bukan kebakaran, namun api inilah yang dicari-cari oleh para pencari minyak. Minyak dan gas yang berasal dari perut bumi selalu tercemar lumpur, pasir, sehingga saat uji-produksi untuk menentukan kemampuan produksi minyak masing-masing sumur, maka minyak kotor ini dibakar. Jadi tidak seperti anggapan sementara orang bahwa minyak dapat ditentukan keberadaannya cukup dari pemantauan satelit, atau menggunakan cara dowsing (bandul). Bahkan tidak jarang ada “peta lecek dan kuno” yang merupakan titik minyak peninggalan Belanda atau Jepang. Kalau anda menemui orang mengaku memiliki peta kuno titik minyak, bisa dipastikan ada usaha penipuan. Minyak baru dikatakan berhasil kalau gambar dibawah ini membuktikannya. Suaranya seperti deru mesin jet.
WAKTUNYA PULANG – setelah 4 minggu bekerja, waktunya pulang menemui keluarga atau orang yang paling disayangi. Rata-rata pekerja rig bekerja 5 bulan dalam setahun, termasuk satu bulan untuk cuti tahunan. Toh pekerjaan ini jarang diminati oleh orang Australia sehingga anak negeri sebetulnya memiliki banyak kesempatan bekerja di sini. Ada yang berminat?
Suasana di lantai menara bor. Bandingkan besarnya rantai mesin dengan para pekerja bor yang bule-ule dan berbadan besar. Kacamata hitam (menunjukkan kerja siang hari), penutup telinga, sarung tangan adalah perlengkapan wajib. Pagawai paling kanan dengan coverall abu-abu adalah contoh pakaian yang lengkap. Pekerja lainnya sebetulnya terbilang melanggar, namun biasanya pakaian kerja mereka sudah bolak-balik kotor dan belum sempat kering dari laundry sehingga berpakaian apa adanya. Seragam mereka umumnya buatan Yakka. Nah yang sering bikin saya gregetan, kadang mereka membuang seragam, Tshirt, Sepatu Kerja yang masih laik pakai. kalau saja di Indonesia wah sudah saya kumpulkan itu.
boleh dong ikutan gabung2
LikeLike
Saya adlh mahasiswa perminyakan dr UNIVERSITAS ISLAM RIAU, saya sangat mengharapkan bantuan anda agar bersedia mengirimkan berbagai data drilling apapun. Karena saya merasa ilmu yang saya peroleh sangat kurang dan jauh dr cukup untuk bersaing didunia perminyakan. Atas bantuan anda, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Menurut saya website anda sangat menarik, terutama bagi saya yang sangat haus dengan semua ilmu tentang dunia perminyakan. SEMOGA SUKSES!!!!!!
LikeLike
wah.. keren.
saya mahasiswa boga pak, kira2 kalo mau gabung di dapur rig syaratnya apa aja pak?
mohon informasinya ya pak?
sukses selalu
tb4
GBU
bhayu
LikeLike
minta tolong kirim gambar terbaru rig
LikeLike
pekerja tambang mineral bauksit, bijih besi seperti saya ini bisa ndak pak alih profesi ke minyak pak??
LikeLike
sangat terkesan pak, jd ingat waktu saya ke Jangkrik field di SAIPEM 10000. th 2010 kmarin
LikeLike
Diamond Offshore ya pak..
Saya ingat pernah ke Ocean Baroness waktu di sedang on job di Ambalat
LikeLike
ok banget pak gambar di sekitar lokacion ofshore nya
LikeLike
sangat tertarik pak bs bergabung gk,saya prnh brkerja didiamond offshore di johor port malaysia tp disubconnya tanah temasik sdn bhd sy sbgai painternya
LikeLike
wah mantap nih saya sangat suka sekali dengan website ini, ocean bounty setahu saya drillingnya di australia ya pak, saya juga lama bergabung dengan diamond offshore sudah beberapa rig saya bergabung, tetapi alangkjah baiknya bila kita kita yang bekerja di lepas pantai itu gajinya sesuai. karena terlalu jauh gajinya di bandingkan dengan tenaga tenaga seperti orang malaysia padahal kerjanya sama dengan kita, saya hanya menghimbau saja semoga di tahun ini dapat di perhatikan oleh pemerintah dan gaji gaji kita yang bekerja di lepas pantai dapat mencukupi kebutuhan keluarga. terima kasih kawan lanjutkan terus karya mu…
LikeLike
wao kereeeeeen
LikeLike
Ass,pak numpang tanya bener ngak rig diamond offshore mau brgerak atw dah operasi d australia,vietnam,qatar,malaysia,mohon info nya,sukses slalu pak..
LikeLike
saya berminat kerja di offshore,channel ya harus kemana? saya sangat siap kerja di offshore.sekarang saya bekerja di PT.Geoservices bandung.saya ass.driller
LikeLike
saya bekerja sebagai oprator crane crawler,alltrain,pedestal , saya tertarik untuk bisa berkerja di rig offshore menjadi oprator crane pedestal
share dong apa saja persyaratanya dan bagaimana saya bisa mendapatkan pekerjaan tsbt .
LikeLike
artikel bagus bagi orang yg awam akan membantu untuk dimengerti. bravo
LikeLike
Nama saya nuim hayat saya tinggal di tjg pura saya kepingin banget bekerja di ofsor kalau ada can ajak2 saya dong pak
LikeLike
Tolong berkan gambar untuk dapat join diperusahaan ini.
LikeLike
Nama Saya Siswandy,saya tertarik bekrja di luar Negri,ingin memperoleh skill yang lebih dari yang saya punya saat ini,untuk berbahasa English dasar saya bisa,mungkin tak cukup,tapi semakin terbiasa saya bisa lebih.pengalaman saat ini saya hanya seorang Pipe Fitter,tapi Department yang lain saya pernah,seperti:Acting Rigger,Flag man,electrical,mechanical,civil,dan saya memahami tentang keselamatan kerja.3S bagi saya untuk di search kan yaitu:SENYUM,SAPA,SANTUN.jika ada loker untuk saya,saya harap dapat hubungi saya,sekian dan terima kasih.
LikeLike
Saya ingin krja di rig persyaratan lamaran kerja APA aka ya ?….
LikeLike
Mantap
LikeLike
Saya ingin sekali kerja di offshore,tapi saya tidak punya uang untuk mengurus persyaratanya seperti bosiet,parpor dan smeanbook, tapi kalau ada perusahaan yg menanggung biaya persyaratan tersebut saya sangat siap untuk di berangkatkan ke offhsore.pengalaman saya bekerja di galangan kapal sekitar lima tahun.
LikeLike
Sudah lama ni stanby dirumah belum bekerja mungkin teman ada yang bisa memberi impormasi saya sebagai electrician offhore and land rig.
LikeLike
Saya pernah bekerja di rig pengeboran onshore di aceh pertamina..indonesia pengalaman saya hanya 5 tahun…br saja sy keluar tahun ini karena tdk sesuai lagi masalah gaji terlalu kecil…kl ada lowongan sy mau lagi bekerja di pengeboran minyak kl sesuai masalah salerynya …
LikeLike
ass,hello salam kenal bwt yg terhormat khususnya bagian mechanik saya sudah bekerja selama 8 thn d galangan kapal d aligment riper /new bulding saya sangat ingin bekerja d pengeboran minyak/offshore tlg info kalo ada lowongan ini terima kasih atas waktu nya hub no saya 085730790867
LikeLike