Posted in balap, f1, formula, malam

Balapan Formula Satu malam hari di Singapore


Pertanyaannya: Seumur-umur belum pernah mendengar ada track untuk balapan kelas Formula Satu di Singapur apalagi dilakukan pada malam hari.Sejatinya pada tahun 1961-1967 balap kendaraan super cepat termasuk Grand Prix pernah diadakan disini. Namun Lee Kuan Yew menyetipnya dari agenda sebab menilai banyak mudarat ketimbang manfaat. Ia melihat sebelum dan sesudah pertandingan banyak pengendara ikutan mengebut di jalan raya.

Akhirnya terjawab sudah rasa penasaran masyarakat dunia. Hari Kamis 11 Mei 2007, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Iswaran mengumumkan pertandingan yang menghebohkan sejak 60 tahun dalam sejarah F1, diadakan pada malam hari di kawasan Marina Bay dengan panjang jalan 5.2 km, dan jalan raya akan dihajar dengan kecepatan rata-rata 300km/jam.

Kalau anda mengesankan pertanyaan demikian, maka anda tidak sendirian. Bahkan para kampiun F1 sendiri macam Fernando Alonso langsung bilang tegas “impossible” sementara veteran balap David Coulthard juga berpendapat “a gimmick” – kira-kira kalau diterjemah kan secara bebas “emangnya balapan Formula disama ratakan dengan lomba karambol bisa siang maupun malam?”

Tetapi Dewa F1, Supremo Honcho Bernie Ecclestone, 76, yang dikenal “batu” karena alot dalam setiap negosiasi, malahan menjawab kegalauan dua pahlawan F1 dengan kata-kata ” Fernando belum lama berkecimpung dalam arena balap, sehingga penilaiannya masih lemah. Kedua, tahun depan David, tidak akan mengendarai mobil balap sehingga kita tidak perlu hiraukan keduanya.

Bernie juga mengaku, kalau bukan lobi dari tycoon properti Singapura Ong Beng Seng mungkin ia tidak mengijinkan pertandingan diadakan di Singapura sebab ada lima negara lain yang dalam “waiting list.”

Anda tahu, bernegosiasi dengan pemerintahan negara kalian (Singapura), adalah pekerjaan hampir mustahil, ” tambah Bernie.

April 2005 Lee Kuan Yew lagi-lagi mengatakan keberatannya bahwa balap F1 adalah “a stupid decision” dan tidak akan membuat track balap di Singapura. Kata-katanya yang populer adalah “I learnt a lesson and I’m telling my younger chaps, look!, pay attention to all this. This is what will make Singapore buzz.

Singapura akan memegang share sebesar 60% yang menelan sekitar 150 juta dollar. Perkiraan bulan September atau Oktober 2008.

Perjuangan selama lima tahun Singapore untuk menjadi penyelenggara kelas dunia bukan tidak didasari pertimbangan bisnis. Paling tidak balap ini akan disaksikan 500 juta penonton, hunian hotel, pesawat akan melonjak dan pajak penerimaan Sinapura akan naik sekitar 30%.

Yang bergembira antara lain Dicky Ong, seorang fanatik F1. “Biasanya saya ke Malaysia untuk menonton Sepang GP, eh sekarang malah nongol didepan pintu rumah…

Formula One yang disingkat F1 merupakan balap motor tercepat di dunia kali ini. Kendaraan akan dipacu pada kecepatan 300 km/jam sehingga hanya bisa dilakukan oleh mobil kelas satu dan mahal di dunia. Kata Formula berasal dari peraturan bahwa sekalipun pada kecepatan tersebut kendaraan masih dalam status aman dan terkendali. Pertandingan yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1947.

Apakah Batam, Bali, Jakarta bisa kecipratan rejeki dengan even Internasional ini? semoga pihak terkait mulai membenahi diri agar tidak ketinggalan. Ironisnya kita negara besar masih empot-empotan berkutat sekedar menambal sulam jalanan publik.

Updated:

Akhirnya Minggu 28 September 2008, Fernando Alonso (saya selalu keliru Alfonso) asal Spanyol, keluar jadi pemenang F1 dengan catatan waktu 1 jam 57menit 16.304 detik. Nasib malang Felipe Mase pada lap17 pembalap asal Brazil sudah menekan gas padahal teknisi Ferrari belum selesai mengisi bahan bakar. Akibatnya selang putus dan salah satu mekanik Ferrari terseret.  Massa diberi hukuman sehingga ia harus puas duduk di posisi ke-13.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s