Posted in sekoci

Daerah terlarang namun disukai penumpang Feri


Daerah terlarang bagi penumpang
Kawasan ini terlarang untuk dimasuki penumpang tapi siapa perduli

Sepintas tidak ada yang salah pada gambar disebelah ini. Sebuah sekoci dan beberapa penumpang bersender di dek paling atas feri yang melayani jalur penyeberangan Merak Bakauhuni. Padahal kawasan disebelah kiri sekoci sudah jelas tertulis penumpang dilarang masuk. Namun tak urung para pemberani kita menerobos masuk sekalipun tempat duduk lain masih sepi penumpang.

Mungkin ingin menikmati hembusan sejuk angin Selat Sunda sambil berlindung dibawah perahu. Memang nikmat membawa bahaya.

Dari sisi terlarangLalu kalau kita coba berdiri disisi kiri sekoci, maka akan nampak pemandangan seperti pada gambar kedua.

Tanpa adanya pagar pelindung jelas seseorang akan mudah terjatuh ke laut dari ketinggian yang saya perkirakan sekitar 10m, apalagi jika jumlah penumpang meledak.

Sebuah papan larangan untuk tidak memasuki kawasan tersebut nampak dipasang disana. Namun kita bicara mental sebagian kita yang suka hal-hal yang menerobos bahaya maka pelanggaran sulit dihindari.

Mungkin tujuan mengapa sisi lambung kapal tanpa pagar pengaman, agar mempermudah proses evakuasi penumpang jika keadaan darurat seperti kapal terbakar.

Namun plat besi bercat hijau mirip papan loncat indah dengan baut pengikat yang sudah berkarat karat selain sukar untuk dilipat kedalam juga mampu merobek lambung sekoci saat keadaan darurat terjadi.

Nyaris PutusBahaya lain adalah tertimpa sekoci, mengingat beberapa utas kabel penambatnya sudah terkelupas dan berkarat.

Nampaknya soal keselamatan transportasi udara, darat dan laut kita hanya menunggu waktu. Dan baru panik setelah puluhan nyawa melayang, lalu sejalan dengan waktu kita terlena dan terbuai sampai menunggu kecelakaan mendatang datang lagi, begitu seterusnya.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s