Posted in ladang minyak

Tak Sengaja Ketemu Ladang Talang Akar


Ladang minyak terbesar di Sumatera Selatan adalah Talang Akar. Diketemukannya ladang ini sebetulnya secara tidak sengaja. Gara-gara liburan natalan seorang juru bor yang kebagian shift (ploeg) mengebor nampak berdiri memegang tangkai kemudi alat bornya. Ia membayangkan kebahagiaan keluarganya di Scotlandia asalnya sana. Sementara menyesali dirinya yang ribuan kilometer berada di hutan NKPM
(Stanvac).

Sebagai seorang juru bor, ia dibayar berdasarkan kedalaman lubang yang dibor. Mungkin asik melamun, sementara instruksi tidak kunjung datang dari kantor pusat yang sudah tutup lantaran natalan maka mata bor seperti tak bermata, terus saja menembus lapisan demi lapisan.

Sejatinya, semakin dalam kita mengebor, perjalanan akan semakin lambat lantaran batuan makin padat dan liat. Namun terjadi keanehan sebab mata bor tiba-tiba seperti menyentuh benda empuk dan melaju diluar kecepatan yang diperkirakan. Orang minyak menamakan gejala ekskalasi kecepatan pengeboran dengan sebutan “drill break” – maksudnya jelas “stop bor”

Secara reflek juru bor setelah menghentikan mesin bor, ia segera mengangkat mata bor sekitar 5 meter lalu pompa lumpur dihentikan. Lalu matanya menatap ke dalam lubang bor mengamati permukaan lumpur dalam lubang. Reflek juru bor sama halnya dengan pengalaman seorang supir. Manakala mobil terasa “ngebuwang” atau ada getaran diluar normal, mereka tak ayal lagi meminggirkan kendaraan dan memeriksa mobilnya. Siapa tahu ban kempes atau as roda “oblak”

Menyetop operasi sesaat sambil celingak-celinguk dinamakan “flow check” – sebab kalau perlahan tapi pasti permukaan lumpur mulai merambat naik padahal pompa lumpur sudah dimatikan bisa dipastikan ada “tenaga tak terlihat” yang besar sedang mual-mual. Kalau sakit mual ini tidak ditanggulangi segera, tak jarang berakibat seluruh kandungan gas, minyak dan lumpur dimuntahkan keluar sehingga menendang keluar menjadi semburan gas tak terkendali.

Tetapi ada pula kejadian dimana permukaan lumpur perlahan melorot pertanda sumur mengalami “diare” yang kalau tidak segera diobati sumur bisa mengalami dehidarasi kekurangan cairan lumpur. Gejala sakit ini dinamakan “drilling mud losses.”

Ada barang lima belas menit permukaan lubang diamati, ternyata laporan seperti pak siskamling keadaan aman dan terkendali. Yang tidak dinyana empuknya pengeboran disebabkan matabor-nya menembus lapisan batuan pasir yang sekarang dikenal sebagai lapisan Talang Akar, dan mengandung minyak lagi.

Lengah membawa berkah lenga (minyak) itulah yang mengakibatkan formasi Talang Akar dikenal di dunia. Untuk memperingati ketidak sengajaan yang membawa berkah, maka sebuah tugu didirikan ditulisi : “order to the field to stop drilling were delayed by the holiday season.”

Andai kawasan Selatan ini bisa diiris, maka nampak potongan lapisan yang berisikan pasir talang akar (warna kuning, perlambang batu pasir). Saya ambil dari situs Jurnal Geologi Amerika Lapisan paling atas adalah lapisan Air Benakat, lalu dibawahnya tertidur lapisan Gumai, lalu lapisan Baturaja (ini juga mengandung minyak),  di bawah Gamping Baturaja, harta karun Talang Akar bersembunyi menindihi lapisan Lahat. Misalnya anda jadi Raja Minyak Lantung, lalu mengebor melenceng lokasi yang banyak batuan Schist (batu sabak), maka alih-alih menjadi raja minyak anda malahan pengusaha batu tulis atau raja (lontang) Lantung.

Kalau saja kejadian serupa terjadi di lapangan minyak Kalimantan, tak ayal lagi extra kedalaman satu meter saja akan membawa bencana. Sifat batuan di kawasan Kalimantan makin kedalam makin memerlukan penangan lumpur berat yang khusus.

Hanya kali ini dewi fortuna masih berada dipihak Stanvac, mereka malahan menemukan ladang minyak terbesar, lapangan Talang Akar yang sekarang tentunya sudah menurun produksinya karena usia “mature.” Perlahan bagai bunga layu, para kumbang yang semula rajin menghampirinya mulai meninggalkan tanpa kesan yang jelas.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

69 thoughts on “Tak Sengaja Ketemu Ladang Talang Akar

  1. Lihatlah Talang akar saat ini, apa yang mereka dapat??
    Talang akar menjadi desa yang terisolir dan tertinggal dengan jalanan seperti kubangan kerbau, begitu juga dengan akses ke daerah lain, jalanan hampir menjadi jalan setapak!!

    KEMANA JUTAAN BAREL MINYAK YANG SUDAH DIKERUK DARI TALANG AKAR??? SUNGGUH MENYEDIHKAN….

    Like

  2. Talang akar sekarang merana dan sangat merana… yang tersisa hanyalah monumen saksi bisu kejayaan talang akar… dan sekarang talang akar benar-benar menjadi hutan akar yang tidak karuan… hancur semuanya, dan sepertinya sebentar lagi pendopo akan menyusul…

    Like

  3. Hai Talang akar Ku yang tercinta dalam bena hati kau lah kampung halam yang selalu ku rindukan di setiap kedip mata ku ini.
    Temapt aku terlahir 40 tahun yang lalu.
    sejak kecil aku menikmati sekali keindahan desa talang akar. di sana ada perusahan Raksa
    seperti Sumbersi, stanvac, terahir NIgata. talang akan menjadi sekelumit cerita masa lalu yang tak habis cerita nya. duluh berdiri Gas plan yang besar dgn mesin compresor yang cangih. juga berdiri rumah sakit yang mega dan dokter nya dari USA terdap tangsi2 yang ko ko aku selelu terungat sata memasak air atau nasi di rumah hanya cukup mebuka kerangan gas alaman yang berlimpah tanpa listrik. skrg talang akan tingal desa yang sangat tertingal dari desalain di sumatra selatan. aku hanya bisa mebayakan skrg talang akar menjadi desa yang penuh denagn hutan belantara seakan tanpa penhuni yang gelap gulita. tapi aku sedikit bangga jadi penduduk desa talang akar skr sedikit maju dari jaman duluh waktu perusahaab raksa masih bekuasa memngabil kekayaan alam di talang akar. baru tahun 2007 talang akar mulai terang kembali dengan masuk LISTRI NEGARA PLN dan masuk Antena PRO EXL dan sekarang juga ada pasar malam dan jalan dari simpang tiga ke jempat dekat sungai dua uda di aspal walau pun aku belum sempat melihat dari dekat aku hanya mendapat infor masi yang sedikit aku gembira. talang akar aku sll akana merindukan mu termasuk orang tua yang masih sll mencintai kapung halaman. saya hanya bisa menghibau kepada teman2 kaka2 yang duluh lahir di talang akar mari kita bagun talang akar menjadi desa yang maju dan bermartabat
    amin amain talang akar ku yang tercinta.

    Jokolelono
    Ibunda Sujirah/Wagimin
    Rt.4.

    Alamat ku skrng . Jokolelono. PT. Kaltim Methanol Industri Bontang
    Kalimantan Timur. Kode Pos 75313.
    Komp PT Pupuk Kaltim.

    Like

  4. Ibunda Jokolelono kok namanya seperti nama ibu saya Sujirah…
    Terimakasih ya sudah menulis unek-unek mengenai Talang Akar di tempat saya
    Salam hormat..

    Like

  5. Selamat Pag Bapak Saputro yang terhormat.

    Ya ibu saya sekarang masih di Talang akar pak jadi kalau saya pulang ke talang akar hati saya selalu senang karena kapung halam yang tak kan terlupakan .
    duluh ibu dan bapak dari cepu blora di pindah kan ke sumtra selatan ya itu Talang akar sekarang pada jaman duluh. mungkin kalau bapak Saputro pernah di tingal di talang akar pasti bapak tahu semua nya itu termasuk orang tua saya. tahun 90an saya tingalkan talang akar pergi ke kalimantan timur. ya sekang jadi penduduk kaltim tapi hampir tiap tahun sy pulang.
    kalau sya bolah tahu bapak sekarang Tingal dimana dan apa saya bisa hubungin bapa melaui telpon tau HP.

    salam kenal dan salam hormat untuk Bapak Saputro

    Joko kaltim

    Like

  6. Assamualaikum wb..wb
    Hai teman2 ku yang jauh di sana jangan kau lupakan kampung halam mu uda berapa tahun aku merantau karindua terhadap talang akar begitu terasa. emang kejaya talang akat uda berubah dari jaya sekarng merana tapi aku masih bersyukur talang akar masih di ingat orang dengan kejayaan pada masa duluh minyak yang berlimpah walau skr tingah kerak nya tapi tetap saja talang akar. tapi talang akar yang ku selalu ku rindukan walau kau jauh di sana.
    salam kagen selalu kau selalu di hatiki

    joko kaltim

    Like

  7. assallammualaikum wr.wb
    halo kak joko aku jugo wong talang akar anak alm lek sungeb,memang tlg akar sekarang sudah ado kemajuan yo lumayan sudah diaspal walaupun baru sampe simpang tigo,memang kalo denger cerito wong tuo kito dulu jauh sekali bedanyo.
    wassallam
    warsito sungeb
    skg aku kerjo di PT.WEATHERFORD INDONESIA masih bergerak dipengeboran minyak jugo.

    Like

  8. Assallammualaikum wr wb

    Warsito aku samo kau lupo2 ingat cuma bapak kau aku ingat baru kemarin aku balik ke talang akar syukur sekarang uda ada listrik dan jalan di aspal ya minimal kalu balik malam edak takut lagi. war sekarang kau di mano begawe nyo pengeboran minyak di mana kalau aku di bontang kaltim jauh dari kampung aku biso melepas rindu cuma dengan kirim email ini bae. kalu kau sempat cal aku tau kan nomor HP aku.
    08125513021. tel Kantor. 0548-41394 ext 222. biar kito tambah akrab mak mano. kasih tau teman yang suka buka email bira ngisi di situs ini

    salam kagen talang akar ku

    Joko lelono(sujirah)

    Like

  9. assallamualaikum wr wb

    yo alhamdulilah aku kerjo di PT WEATHERFORD INDONESIA aku didivisi drilling rental toolnyo sudah 6 thn,aku tinggal di cibubur jakarta,oh yo kak joko kakak aku jugo ado di balik papan kak suiknyo,sekarang di tlg akar lg msm duren,apo kbr wong kito yang ado dimano bae,salam kenal,

    terimo kasih

    warsito s

    Like

  10. Assallamualaikum wr wb

    War berati kau adik umik paling kecil kan mas wik uda kontek aku cuma aku belum sempat ke balik papan. 5 jam bontang balikpapan. salam sama mas wik aja pasti kalau aku ke balik papan tak tengok ke sana dia di perumah PGRI ya. jadi kau jarang balik ke talang akar apa war. kemarin lebaran teman2 pada balik. yang sebaya aku sudah pada punya anak besar2 hahahh ok deh war
    War kalau ada loka besar kasih kabar yooo. aku kuli di kaltim hahahah

    salam sama kelurga kau aminnn

    Like

  11. Assallamualikum Wr..wb

    Ya lah cipto lebaran tak tel sama bapak di talang akar pas di rumah mbah jirah war. aku juga kerumah kau ketemu samo mama kau juga dan ayuk kau war cuma umi yang egak pernah ketemu sama aku sitiap aku pulang tapi aku ketemu kakakifar mu jujuk bae di ruma kang serangke.
    ya salam sama cipto yo
    siapo bae yang buka email kasih tau isi biar tambah rama ok war

    salam unutk semua wong talang akar.

    Like

  12. hallo kak joko gimana kabarrnya.aku narko kel di tl akar tercinta sehat semua,mudah2han yg di bontang sama aja.kak joko emailnya apa.aku gak sengaja bukak web n ketemu ini makanya aku ikutan.kang juwi se kel sehat semua.bah jirah sehat aja juga.kak joko ajari cara bikin email ya punyaku kok kurang mantap.mudah2han ini nyampai coba siaran pakai ginian……………….slam hormat n kangen dr wong kito galoh.

    Like

  13. hallo kak joko aku narko di tl akar.kabar kel yg di tl akar sehat semua.mudah2han yg di bontang sama juga.salam dr mrtua akau kang juwi buat kak joko.bah jirah n kel sehat semua.disini dah mulai kemarau hawne panas.mudah2han ini nyampai n terbaca kak joko dan siapa aja.salam dr wong kito galoh kususe dr tl akar

    Like

  14. Hallo kawan2 salam kenal, ini dari SUMARYONO & SUGIHARSONO penduduk Talang Akar, menginformasikan bahwa keadaan Ds. Talang Akar sudah jauh lebih baik dari beberapa waktu yang lalu, contohnya Listrik sudah menyala, jalan tengah ds sudah di aspal, PAM sudah masuk, SMP Negeri sudah berdiri, Pos polisi & Sarana kesehatan sudah ada, pasar kalangan tiap minggunya, sehingga masyarakat sudah mulai merasakan perubahannya, keamanan sudah kondusif, tetapi yang masih menjadi ganjalan masyarakat pada umumnya adalah kondisi jalan dari pendopo ke Ds. Talang Akar yang belum di aspal sehingga pada saat musim penghujan jalan tersebut becek/ berlumpur dan pada saat musim kemarau hujan debu, hal tersebut sudah berulang kali di bicarakan di PEMKAB Muara Enim melalui Anggota Dewan, namun sampai sekarang belum membuahkan hasil/ belum terealisasi. jadi kawan2 yang merasa peduli terhadap Ds. Talang Akar kami minta dukungan/ partisipasi aktif agar Ds. Talang Akar menjadi setara dengan daerah yang lain yang sudah maju.

    Like

  15. Ass wb.wb.
    Unutk Winarko. salam kagen selalu win dan tak lupa salam sama Kang Juwi dan salam unutk mbak jirah dan gundala. dan semua orang talang akar yang sangat ku rindukan.
    maaf baru ini email aku buka. kalau kau mau email aku lasung. ” jokokmi@yahoo,com. saya juga punya Faceook. bisa lasung. oh sekarag musim apa di Talang akar. aspal sekarang bgm apa uda mulai rusak apa. winarko kau buka aja web Talang akar. itu pasti ada nama saya di setiap emailnya. kumpulan wong pondopo aku juga nimbrung di sanao. hahhaha. Ok winak saya cuma titip pesan sama kau tolong didik gundala biar dia mandiri dan juga ga mbah jirah kalau ada apa bisa Cal saya jam berapa pun. Ok BOSSS ( 08125513021 joko)

    Salam sekampung sirih
    joko lelono

    Like

  16. Ass wb.wb
    Sumaryono salam kenal aku mungking lupa dan sama sekali tidak kenal dirimu. tapi aku asli lahir di talng akar.aku sekarang aku dikaltim. oh Problem talang akar itu complek sekali sebenenya. ada solusi yang harus di tegakan. terutama kondtribusi2 pertamina yang selama ini ambil hasil bumi dari talang akar cuma di dari duluh tidak ada yang berani protes. kepusat. apa lagi sekarang wong talang akat banya dak kompak contoh pemilihan kepala desa yang malah wong jau yang nak ngurusi wong talang akar. makmo itu. kalau Rusbandi yang jadi Minal dia masih mikir rakyatnya. menurut saya buat lah laporan secara tertulis problem talang akar dari duluh sampai sekarang. kasikn ke Angota dewan yang asal usul dari pendopo/ talang akar. dan aku juga pernah ngomong sama REZA anak gubernur sumsel.di facebook masalah talang akar. emang dewan harus turun lasung kelapang jgn cuma ngomong di atyas kertas. ok

    Salam kagen unutk orang talang akar.

    Jokokaltim

    Like

  17. piye kabare kak joko ini edi putranya kang dwi no tiga coba -coba buka web mungkin ado teman – teman yang tahu sama aku putra asli talang akar ,oya cak mano kabar keluarga di sana muda – mudaan sehat semua nya tanpa kurang suatu apapun ,oya lagi musim apa di sana

    Like

  18. kak joko gimana kabare.moga2 sehat slalu.acara taon baru apa nie………? oya kak joko alamat facebook kak joko apa nie.bls ya

    Like

  19. asslm wr wb

    apo kbr wong tlg akar….? yg buka web ini,tlg akar yg tercinta itu ibarat “tebu” abes manis ampasnyo dibuang,jadi kalo biso,harus ado wong tlg akar yg jd anggota dewan di kab.muara enim,supayo biso merealisasikan aspirasi wong tlg akar supayo ado pemerataan pembangunan untuk daerah2 yg belum tesentuh oleh pembangunan selayaknya daerah yg punyo hasil bumi yg lumayan.smoga suatu hari nanti talang akar jd desa yg maju.amin……
    oh yo apo kr utk kak joko…?

    Like

  20. Aku mantan karyawan PTSI , sekitar tahun 1975 sampai dengan 1983 mendapat tugas dari boss aku untuk bikin program P&A (Plug & Abandon) untuk sumur-2 yang sudah tidak produktif di Field Talang Akar agar ditutup dan dikasih bendera. Pada waktu itu sumur yang produksi nya dibawah 5 BOPD dianggap tidak ekonomis untuk dikelola. Sumur pertama diketemukan di Talang Akar pada sekitar tanggal 26 Desember 1921, dengan tidak disengaja oleh seorang driller bukan oleh geologist…mungkin kalau teknologi informasinya secanggih sekarang mungkin pesan stop bor sampai sebelum menembus lapisan Talang Akar, kaleee? Apakah monumen sumur tersebut masih tegak atau sudah habis oleh cuaca, sempat sekitar tahun 1980 an dibuatkan Tugu Monumen Sumur Pertama yang tembus formasi Talang Akar tersebut…….Riwayat mu keeneee menjadi hutan kembali atau sudah menjadi lahan sawit….salam buat mas Saputro

    Like

  21. dimasagoes kalau sumur masih ada monumen juga ada selalu di jaga walau saat ini talang kar sudah bener menjadi kampung yang ber akar. sawet dan karet.nama T akar sll menjadi primadona di mata orang pernah tinggal di sana.
    saya salau yang memberi kementar tetang T akar.
    T akar adalah dambaan hati di kalau aku cuti unutk menenang kan diri….

    Like

  22. Ah sabar lah kawan ku, Talang Akar pasti akan berjaya lg, tp mungkin bukan karena minyak, bs jadi karena pertanian nya, atau memang desa kt mesti berkembang karena tuntutan zaman, tanda2 nya sudah nampak koq….
    Kita tak perlu berharap untuk mengembalikan kejayaan minyak seperti dl, biarlah itu jd sejarah.
    Aku adalah salah saksi sejarah yg pernah melihat betapa jaya TA kala itu, aku masih ingat Rumah sakit terbesar yg mengalah kan Pendopo, Pasanggrahan yg mewah, bahkan semua karyawan staff dl tinggal di TA, bahkan aku bs menyicipi nya tinggal di tmpt spt itu.
    Mungkin sekarang hanya Masjid TA sj yg tersisa, bahkan suatu saat akan di pugar jg karena sdh tdk nyaman lg untuk zaman sekarang.
    Biar lah Monumen Talang Akar 1 yg di bangun Pertamina di Pal Tiga akan jd saksi sejarah bahwa TA pernah berjaya dan berjasa thdp dunia perminyakan di Indonesia.
    Karena itu bg yg merasa punya ikatan bathin dngn TA dimana pun anda berada, mari kt bangun desa kita, seberapapun sumbangsih anda, dan ide apapun di benak anda, bikin taman, tugu atau apapun untuk membuat TA menjadi lebih indah.
    Oh ya, aku lahir di Pendopo 14 Desember 1956, sejak kecil hingga SMP tinggal di TA. Sekarang aku tinggal di Prabumulih, sesekali aku dtng ke sana karena aku masih punya rumah dan kebun karet di sana.
    Aku sekarang kerja di TESCO Corp. (Top drive Technician)
    Aku sll berdo’a semoga suatu saat Talang Akarku akan ber jaya seperti dulu.

    Bambang Sugiarto

    Like

  23. Haloo…warga Talang Akar ataupun siapa saja yang pernah tinggal dan hidup di Talang Akar yang berada di mana saja ! Apa kabar ? Boleh kenal dong ? Kita juga kelahiran Talang Akar dan sampai saat ini tinggal dan mengabdi untuk kemajuan dan kejayaan Talang Akar, semoga seperti kejayaannya di masa dulu.Kita tahu bahwa Talang Akar sangat jaya di masa itu, tidak ada kilang Sungai Gerong kalau tidak ada TalangAkar.Namun…,kini sungguh jauh berbeda.Tahun 2011 jalan berlumpur dan anak tidak dapat pergi sekolah ke Pendopo,karena jalan berlobang dan berlumpur akibat adanya eksplorasi migas oleh PT Santika Energi Pendopo.Tanggal 02 Februari 2011 masyarakat mengadakan demo menuntut pengaspalan jalan.Doa’kan semoga berhasil !

    Like

  24. Haloo…warga Talang Akar ataupun siapa saja yang pernah tinggal dan hidup di Talang Akar yang berada di mana saja ! Apa kabar ? Boleh kenal dong ? Kita juga kelahiran Talang Akar dan sampai saat ini tinggal dan mengabdi untuk kemajuan dan kejayaan Talang Akar, semoga seperti kejayaannya di masa dulu.Kita tahu bahwa Talang Akar sangat jaya di masa itu, tidak ada kilang Sungai Gerong kalau tidak ada TalangAkar.Namun…,kini sungguh jauh berbeda.Tahun 2011 jalan berlumpur dan anak tidak dapat pergi sekolah ke Pendopo,karena jalan berlobang dan berlumpur akibat adanya eksplorasi migas oleh PT Santika Energi Pendopo.Tanggal 02 Februari 2011 masyarakat mengadakan demo menuntut pengaspalan jalan.Doa’kan semoga berhasil !

    Like

  25. tgl 14-03-2011 lagi-lagi tl akar melakukan demo meminta jalan di aspal .. Doa kan supaya x ini bisa berhasil,ayo kita bersatu untk kemajuan tl.akar …

    smaxfour_band

    Like

  26. Salah satu kesepakatan hasil demo tgl.14 Maret 2011 yaitu : PERUSAHAAN MIGAS( BP Migas ) menyanggupi pengaspalan jalan tl.akar – pendopo sepanjang 6 km ( 2 tahun anggaran di mulai Mei 2012 ) dan pemda bantu 5 Milyar ( +- 3,5 Km ) jadi total 9,5 km.Ayo kito awasi dan monitoring untuk hasil yang maksimal demi kemajuan tl.akar desa yang kita cintai.

    Like

  27. alhamdulilah !,akhirnya ada udara segar jalan tl akar bisa di aspal.,
    walaupun hanya 10 km , smoga nanti bisa sampai ke pendopo.

    thanks to all panitia 11.
    salam masyarakat pal3 pendopo.

    Like

  28. aku wong tlng akar.agus cek romlah yg tglny dkt masjid.aku skrg tgl dibdg,aku sedih lht tlng akar kpn desa kita maju

    Like

  29. kawan kawan dimano wae,terutama wong talang akar.klw udh jd wong sukses jgn lupo samo dusun kito,kito dilahirkan disana kita hrs ingat kita biso jd wong sukses klw bkn kita dilahirkan ditlng akar.oh iyo apo krb ito,kandar,kalian pasti thu aku.agus cek romlah anak juwai bpk aku nmyo sutarno cucuny mbah karsono.aku hdp ditlng akar dr kecil sampai skrg aku ingat wae dkt dusun aku tercinto.skrg aku tgl dibdg bk usaha dagang .slm bt kalian2 semuanyo,smg kalian wong talang akar jdwong yg brhasil.amin ya robal alamin.

    Like

  30. Bagi seluruh kawan2 yg merasa oranng dan yg tinggal di tl akar,ada sebuah kabar gembira dan sekaligus nantinnya bsa mendongkrak bagi kemajuan sebuah desa ataupun mungkin bagi suatu daerah.baru2 ini tl akar khususnya bagi kaum muda sudah mendirikan suatu lembaga bergerak bagi kemajuan buat desa tl akar.dan mudah2han lembaga ini bsa menjebatani komunikasi dg perusahaan2 lain yg ingin bergerak di tl akar,contoh perusahaan misal pertamina ataupun sub kontraknya pt kso.jdi lembaga ini nantinya bsa mengkoordinir semua putra daerah untuk bekerja memajukan perekonomian dan taraf hidup masyarakat tl akar.bagi semua rekan yg membaca blog ini mohon kritik dan saran untuk kemajuan tl akar.

    Like

  31. Hallo…wong Talang Akar di seantero bumi Indonesia.Di Bontang,di Jwa n dimana saja.
    Bgaimana kontribusi kita tuk kmajuan talang Akar..??? Talang Akar sdang merehab masjid peninggalan PTSI dulu.Sekarang perlu dana besar.Ayo ditunggu dananya……buat amal….

    Like

  32. Asslmlkm wr wb,
    Apo kbr wong tlg akar dimano bae,smoga sehat galo,aku slalu ingat dgn tanah kelahiranku,yo walaupun aku dijkt takan pernah terlupakan tlg akar tercinta,.smoga harapan sluruh masyarakat supaya tlg akar menjadi lbh maju dpt tecapai,kamipun sebagai putra putri tlg akar yg dirantau membantu mendoakan,supaya harapan itu mejadi kenyataan……..amin
    “Akar adalah hal yg penting bg pohon,tanpa akar pohon takan hidup dan pasti akan tumbang,jd smoga tlg akar akan tumbuh menjadi kota,dan bukanlah desa tertinggal lg….teruslah tatap kedepan tlg akar,suatu saat kejayaanmu akan kembali……

    Like

  33. Aku pak sumardi juga pernah tinggal di talang akar. dlu tinggal di tangsi pinggir jalan dekat gasplan tahun 1963-1967 .bapakku namanya ratmidi kerja sebagai tenaga driling aku satu tangsi dengan subarna, sujana yang ibunya bekerja sebagai perawat dirumah sakit ptsi didepan tangsi ada rumah yang memelihara sapi banyak sekali ( lupa namanya) disebelahnya lagi ada rumah teman saya yang namanya darsono , waktu kecil aku sering main di gasplant aku ingat waktu tower penyaring air roboh, waktu kecil aku juga sering main di hutan petelantak cari anak burung, duren atau mbacang. sekolah di sd 1 waktu itu kepala sekolahnya pak saleh dan guru kelasnya kalau tidak salah bu pujiah yang mengajar saya tidak lengkap setahun karena peristiwa g/30s/pki. sekarang saya tinggal di pemalang jawa tengah dan bersama istri bekerja sebagai pns /guru.

    Like

  34. Hallo TA’s, senang sekali mendengar cerita Ta, saya pernah menikmati masa kecil di TA. Alm ayah saya kerja di Stanvac dan kami tinggal di rumah yang sebarisan dengan Pesenggrahan, yang diatas bukit yang paling ujung.Kami meninggalkan TA tahun 1960, ketika ayah saya pensiun. Long long time ago. Tapi saya selalu ingant kenangan di TA. Salam TA

    Like

  35. TA adalah masa lalu, sudah tidak ekonomis untuk dikelola kembali walau harga crude oil sdh diatas US$ 100 per barrels…lebih baik ex kantor-2 yang sekarang masih ada dijadikan museum untuk pariwisata….jalan-2 nya diperbaiki , siapa tahu mantan karyawan PTSI ( baik expatriate dan WNI) serta Ex Pertamina beserta cucu, cicit nya bernostaglia, monumen-2 nya dipelihara, semenarik mungkin. ‘DISINILAH TALANG AKAR YANG TELAH MENJADI SUMBER MINYAK BUMI BAGI INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH KEMERDEKAAN” , namun kantor yg masih ada dipakai untuk lapangan BENAKAT dan sekitarnya kaleeeee! Salam buat TA-er

    Like

  36. Saya lahir di Talangakar th 1957, pada th 1960 pindah ke Sungei Gerong mengikuti dinas ortu.
    Tolong info sarana transportasi, bagaimana caranya untuk berkunjung ke Talangakar kalau dari Palembang.
    Sekarang saya tinggal di Bogor tel 0812 826 777 27.
    Terima kasih dan salam kenal.
    Patrick Muaya

    Like

  37. Sedih klo denger cerito2 talang akar,, semoga be talang akar bso maju cak dulu sprti yg bapak2 ceritoin,, punyo rumah sakit yg bagus,perusaan minyak yg canggih,aku anak mudo talang akar sedih liat keadaan yg ck ini,, aku anak hardi cucu kasiran,, moga2 bpak2 tau.. tpi ck mano pun aku bangga jdi wong talang akar.. Maju trus talang akar..

    Like

  38. Selamat siang buat bapak” alumni talang akar….semoga bae talang akar bisa maju dan utuk wargany selalu kompak…

    Like

  39. Mungkin suatu saat T. Akar biso dihidupkan lagi klo harga minyak Bumi sudah US 1,000 per BBl kalee….karena minyak yang nyangkut di dalam batuan TAkar > 65% dengan dicuci pake surfactant……tetep semangat , semangat Pagi,,

    Like

  40. Mungkin 50 tahun lagi minyak muda yang ada sekarang akan menjadi tua lagi. dan bisa diambil kembali.
    Kekayaan alam diambil tanpa memperhatikan kemakmuran penduduk sekitar.
    Kekayaan alamnya habis roda kehidupan ekonomi pun terhenti.

    Like

  41. halo warga talang akar, ,saya kades anda saat ini, ,kedudukan yg saya pegang membuat TA lebih maju kan ,masyarakatnya lebih makmur ,makanya kalian harus beruntung memiliki kades seperti saya yang tak perna kerepsi,lalai dalam pekerjaan,mate duetan. , ,

    Like

  42. Hello Sungei Gerong, Pendopo, Talang-Akar.

    I will be visiting these places after 54 years. My dad worked for stanvac, my name is Frans Vloerbergh was born in Sungei Gerong, grew up in talang akar, lived down the hill from the pasanggrahan. I will be there touring these places January 2014.

    Like

  43. rencana saya juga ingin ikut gabung mengetahui sejarah talang akar yang kini tinggal kenangan……… terbit terang, gelap gulita deru debu inilah yang biasa kita nikmati sekarang dimasa runtuhnya kejayaan talang akar yang pernah menggemparkan dunia.
    keef safe E. Lopes

    Like

  44. Itulah perjalan formasi Talang Akar, sayang ketemu nya diawal-awal republik ini, jadi para pembuatan kebijakan tidak perduli asal usulnyo, coba baru ditemuin minyak latung ( crude oilnyo) sekarang seluruh putra Talang Akar dak katek yg nak merantau

    Like

  45. Hi Frans Vloerbergh, I am Tavip Berdikari and I was born at Pendopo, part of my Life had been spent at Talang- Akar till I pass senior high school in Pendopo, you had expressed that Talang Akar ( tempo dulu (40 years ago)), its very interresting at that time ( when I was elementary shool)

    Like

  46. Hallo Kak Hermin Hasibuan…rasanya sy ingat walaupun waktu itu sy mash kecil….saya anak bapak Sjamsudin Siregar dan Ibu Tyarbiah Hasibuan….tinggal di perumahan Gasoline Plan Talang Akar….Dimana alamat Kak Hermin sekarang….saya (Masrun Sjam Rhiza Siregar) tinggal di Palangka Raya Kalteng….

    Like

  47. halo aku wong talang akar jugok.. sekarang aku ado di batam aku tarso anak mbah reso salam buat kawan kawan yg rantau semoga sukses

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s