Posted in tradisi

Apa Bintang eh Wayang Anda?


Umur dan Wayang

Menurut horoskop Jawa, maka manusia mempunyai  siklus nasib berubah setiap dua belas tahun. Sebuah buku Misteri Pranata Mangsanya Hudoyo Doyodipuro membahas cara meramal peruntungan tanpa diribetkan dengan weton, wuku, pasaran. Simak saja. Andai Amat saat ini berusia 29 tahun, maka ia dikelompokkan Dewa Iswara.  Nah ramalan nasibnya bisa diperlihatkan dalam tabel singkat sifat wayang Dewa Iswara.

• Batara Surya. (usia 1, 13,25,37,49,61,73,85 tahun. Orang dengan simbul Batara Surya umumnya manja namun sangat percaya kepada firasatnya yang tajam. Kelemahannya, kurang berusaha sebab terlalu menggantungkan firasat. Membutuhkan sahabat. Surya dilambangkan sebagai kelinci sehingga barang siapa menikah pada masa ini akan banyak anaknya.
• Batara Brahma. (2,14,26,38,50,62,74,86 tahun). Banyak disukai orang berpangkat sekalipun beberapa diantaranya memanfaatkan jabatan yang disodorkannya. Orang dalam lingkaran Brahma biasanya jarang sakit.
• Batari Durga. (3,15,27,39,51.63,75,87 tahun). Sering ditipu sahabat. Akibatnya seperti kehilangan gairah. Disarankan tidak menikah pada bulan ini sebab akan ketemu kesengsaraan.
• Batara Asmara. (4,16,28,40,52,64,76,88 tahun). Hemat dan gemar menabung. Kalau menikah pada putaran umur ini, akan memiliki anak yang banyak dan hidup rukun dan senang.
• Batara Iswara. (5, 17,29,41,53,,65,77,89 tahun).Pada umur ini orang akan menjadi ambisius. Kalau menikah pada usia ini, semua rencana akan berjalan mulus.
• Batara Nagagini. (6,18,30,42,54,66,78,90 tahun). Memiliki PD yang berlebihan sehingga terkesan arogan terutama saat masih muda. Begitu usianya makin menapak, ia makin menunjukkan kematangannya. Tegas, berwibawa. Tahu kapan bermain dan kapan harus menonton. Mudah tergoda asmara, karena memang memilikipenampilan memukai lawan jenis.
• Batara Kamajaya. (7,19,31,43,55,67,79,91 tahun). Para cukong atau direktur akan menyukai karyawan dibawah naungan dewa dewi yang pencemburu ini. Dengan sifatnya yang protektip, maka ia akan mengetengahkan kepentingan boss daripada kepentingan teman sekerjanya. Karirnya baik terus menanjak. Kalau wiraswastawan banyak relasi.
• Batari Sri, (8,20,32,44,56,68,80.92 tahun).  Pribadi yang enak diajak bergaul sebab pemurah. Sekalipun dirumahnya sendiri masih kekurangan, tetapi hatinya lebih bahagia memberikan pertolongan kepada orang lain. Wajahnya selalu nampak gembira kendati ia sendir sedang dirundung kesedihan. Bilamana ada persoalan yang tidak terselesaikan ia cenderung berpindah tempat. Padahal masalah yang tidak dirampungkan akan berakibat suatu saat “mencakar” wajahnya kembali.
• Batara Bayu,(9,21,33,45,57,69,81,93 tahun). Sifat keras dimiliki manusia berada dalam naungan ini. Sekalipun terkadang ragu-ragu. Kalau ia berada di rumah, seperti mati langkah. Namun begitu keluar dari pintu pagar, otaknya seperti encer dan bereaksi kembali. Resikonya, karena selalu “greng” berada di luar rumah, ada kecenderungan mendapat cobaan berupa disukai oleh banyak teman sepergaulan termasuk “cinlok” – Yang perlu diwaspadai, karena inginnya selalu bergerak, lama-lama akankelelahan sendiri sementara waktu berjalan terus.
• Batara Wisnu (10,22,34,46,58,70,82,94 tahun) – Pengaruh kesaktian ada pada orang dengan naungan wayang Batara Wisnu. Ia menjadi pribadi lebih dewasa dan selalu positif thinking. Akibatnya akan bersikap tanpa kekang. Tidak mau didikte atau diperintah. Manusia dengan kemampuan pribadi “world class”. Jodoh umumnya ditemukan pada usia ini.
• Batara Indra (11,23,35,47,59,71,83,95 tahun)– Jika anda kebetulan pada tahun ini berusia 11tahun atau 23 tahun, atau 35 taun atau 47 tahun atau 59 tahun dst maka tahun ini hidup anda seperti tak putus dirundung bidadari. Serba indah serba nyaman. Sisi buruknya kadang mereka menjadi pasif seperti tidak suka keluar rumah sekalipun untuk hal-hal penting. Sisi baiknya bilamana diperlukan, tanpa dicambukpun ia akan melakukan tugas sampai tuntas. Karena sifat yang damai maka iapun tidak “maksa”mencari rejeki. Cukup makan, pakaian seadanya mereka sudah puas.
• Batara Yamadipati (12,24,36,48,60,72,84,96 tahun )– sifat dasar cemburuan, keras hati, tetapi berjiwa sosial yang tinggi. Orang yang masuk pada siklus usia ini memang wajahnya buruk rupa namun sangat disiplin, welas ati dan pemurah.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

7 thoughts on “Apa Bintang eh Wayang Anda?

  1. Mas Pras TholeJawi, yang gampang mungkin melihat buku aselinya Misteri Pranata Mangsanya- terlalu singkat kalau dijabarkan disini dan… hak cipta je.. hehehe

    Like

  2. Matur nuwun Om Miem, ulun mahu nanya yang dipake umur yang mana kalo kita pernah memalsuk(e)n daripada yang mana umurnya. Apakah umur yang ada di KTP (palsu) atau sebenarnya (yang diakui oleh orang tua yang melahirkan namun entoh tak tercantum dalam data atawa dokumen resmi).

    Nyuwun Sewu (katanya ini juga bisa berarti “minta seribu rupiah” ya? he he inilah kalo orang Aceh memaksa diri bertutur Jawa, andalannya ya mengingat-ingat gaya Pak Soeharto dulu yang sekarang semangkin jarang dipraktekkan daripada yang mana para pejabat).

    Salam,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s