Posted in gaya hidup

Espresso


Banyak dari kita sekedar ikutan memesan minuman di kafe-kafe asal main tunjuk daftar menu yang didinding tanpa sadar maksudnya. Akibatnya selain membingungkan bagi pelayan (barista) juga bagi yang memesannya.

Atau pertanyaan yang kerap timbul adalah apa beda antara minuman bernama kopi dengan gelar Latte antara Flat White?

Yang bicara ini Lloyd J. Rainsford seorang rektor akademi kopi di Perth bernama Yahava Koffee (tidak salah tulis pakai “K”) Academy

espresso.jpgESPRESSO – kopi kental pahit sebanyak 25-30ml dengan warna keemasan sampai coklat kehitaman. Dihidangkan dalam cangkir demitasse (porselin) atau gelas kecil.

DOUBLE ESPRESSO/DOPPIO – Seperti halnya espresso namun volumenya berkisar 50-60 ml

RISTRETTO – Espresso yang diirit karena hanya diambil adalah hasil extraksi pertama sebanyak 15-20ml lebih enteng rasanya ketimbang espresso normal. Dihidangkan dalam cangkir porselin demitasse.

LONG BLACK – Kopi selama ini kita kenal. Campurannnya sebuah gelas belimbing (190-200ml) diisi 2/3nya dengan air panas lalu ditambahkan dobel expresso diatasnya. Para barista biasanya membiarkan air panas beberapa saat sebelum menabraknya dengan cairan double espresso. Konon kalau air masih mendidih “mongah-mongah” bisa mengakibatkan espresso hangus dan mengubah cita rasa.

SHORT MACCHIATO – A single shot espresso ditabrak dengan uap susu.

long_macchiato.jpgLONG MACCHIATO – A double shot espresso ditabrak dengan uap susu.

Keterangan : Macchiato artinya noktah atau noda dalam bahasa Itali. Dalam istilah kopi adalah espresso yang ternoda susu.

flat_white.jpgFLAT WHITE: Espresso yang di topup dengan uap susu sampai berbusa. Dihidangkan dalam gelas berukuran 190-220ml

cappuccino.jpgCAPPUCCINO – Ini yang sudah kondang. Pokoknya setiap di cafe yang saya berani pesan cuma benda satu ini. Espresso di top up dengan uap susu namun lebih kental dan lebih berbusa. Disebut Cappuccino kalau lapisan busa tebalnya mencapai 3cm. Dihidangkan dengan gelas 190-220cc lalu diberi taburan bubuk cocoa.

latte.jpgLATTE – artinya susu dalam bahasa Itali. Dalam kontek perkopian latte adalah susu yang kecampuran kopi. Satu tembakan Espresso ditumpang tindih dengan uap susu sampai berbuih 1-2cm.

Umumnya dihidangkan dalam gelas 220-300ml atau gelas Latte

MOCHA – Bubuk coklat dicampur dengan espresso dan ditumpang tindihi dengan uap susu. Mirip dengan Latte . Bisa diberi taburan cocoa. Dihidangkan dalam glass latte atau cup besar.

affogato.jpgAFFOGATO – Merupakan minuman kopi penutup. Sesendok es krim ditumpangkan pada doble espresso. Minuman ini tidak spesifik, kadang diberi tambahan liker.

Keterangan: bagi yang masih amatir terhadap jenis kopi disarankan mencoba dari double ristretto ketimbang single shot sebab rasa manis kopi dan lembutnya aroma masih bisa dinikmati.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

3 thoughts on “Espresso

  1. di warung tempat saya gawe, tinggal pencet aja .. keluar deh apa yang dipengeni.

    untuk ukuran gelas pun saya ndak pernah tau, pokoknya tiap rak ada namanya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s