Posted in gaya hidup

Anak Pandai Biasanya Suka Berbohong


Sebuah iklan di majalah Montreal cukup meyakinkan :”Apakah anak anda dapat membedakan antara bohong dengan jujur– Orang tua mana yang tidak menganggap anaknya jujur, kalaupun suka berbohong, mereka akan menyebutnya “cerdik, banyak akal..

Alkisah seorang ayah membawa anaknya, sebut saja, Nick berusia enam tahun ke lembaga yang memasang iklan bombastis tadi. Kepada para pelatih, sang ayah Steve mengatakan : “saya belum pernah melihat anak saya berbohong.

Tapi gagasan bahwa anak usia enam tahun sudah mulai belajar berkata tidak jujur dan membuatnya kecanduan untuk lebih meningkatkan kemampuan berbohong, membuat gundah hati ayah Steven, 31, tersebut.

Di lembaga ini, Nick kecil hanya bermain saja. Lawab bermainnya dua pengasuhyang baik hati. Namun sebuah kamera tersembunyi merekam gerakan mereka dan kedua lawan tandig tadi adalah mahasiswi doktorat yang sedang melakukan riset.

Nick sudah memenangkan sebuah mobilan, satu bungkus dinosaurus dan setiap orang memberinya tepukan atas keberhasilannya memenangkan permainan.

Lalu tibalah permainan yang disebut paradigma-godaan.

Kali ini Nick bermain dengan teman sebayanya Cindy. Seperti main petak umpet, Nick diminta membalikkan badannya menghadap tembok sementara Cindy membunyikan sesuatu yang harus ditebak oleh Nick.

Babak pertama suara sirine mobil polisi dan bayi menangis mudah saja ditebak oleh Nick yang memang pandai. Lantas Cindy membawa sebuah bola yang diletakkan diatas tumpukan kartu bekas mereka bermain. Kartu tadi diacak, lalu terdengarlah lagu Fur Elise.” Kali ini si cerdas Nick terperangah. Rupanya bingung menentukan hubungan suara dengan lagi. Saat yang bersamaan Cindy ingin ke toilet.

Hanya 13 detik Nick bertahan menghadap dinding, tidak lama kemudian ia mengintip benda apa yang berbunyi “tidak lazim..” – sebelum Nick sempat kembali ke posisi semula, Cindy kembali dari “toilet” – dan otomatis Nick menjawab “Bola Kaki..” – Tapi anak cerdas ini lalu ragu, apa hubungannya antara Fur Elise dengan suara Bola Kaki…

Cindy membenarkan tebakan Nick, tetapi gadis cilik tadi sempat bertanya “kamu tadi mengintip ya? dan dijawab cepat dan tegas Tentu tidak.. – saat berbohong, senyum lebar nampak jelas pada kamera yang tersembunyi. Anak ini sudah mendapatkan kepuasan dari berbohong.

Lalu Cindy bertanya bagaimana caranya Nick tahu tanpa melihat, maka sang kancil kecil mulai berfantasi bahwa suara music tadi mirip dengan suara bola yang biasa ia mainkan di kelas yaitu ketika bola ditendang.

Percobaan ini telah membuktikan bahwa anak-anak cenderung berbohong, dan mereka berkemampuan untuk mengembangkan kebohongannya.

Licikkah Nick kecil ini? – ternyata dari hasil penelitiana da 76% anak-anak cenderung berbohong, yaitu mengintip benda yang harus ditebak manakala ada kesempatan. Anak yang kedapatan melakukan kecurangan 95% akan membantah melakukannnya.

Padahal sebelum melakukan test tebak-tebakan, para instruktur mendongeng tentang Anak dan Lolongan Serigala yang berakhir dengan baik anak maupun domba dimakan serigala karena berbohong.

Buku dongeng lain yang dibacakan adalah George Washington dan Pohon Cherry, dimana George mengakui kesalahannya menebang pohon kesayangan ayahnya dengan pisau barunya. Lalu sang ayah mengatakan “George saya lebih suka kamu memotong pohon tersebut ketimbang kamu berbohong tapi ayah memiliki seribu pohon cherry..

Ternyata cerita orang berbohong akan mendapat hukuman, adalah cerita yang terlalu sering mereka dengar dan tidak ada pengaruhnya terhadap kepribadian mereka, sementara cerita nasihat ayah George Washington membuat sebagian kecil dari mereka menghentikan kebiasaan berkata dusta.

Lalu para psikolog menawarkan jalan keluar, bahwa menjadi orang tua sebaiknya meniru ayah George Washington. Jangan menghukum anak yang telah jujur mengakui kesalahannya.

Sayangnya banyak orang tua justru bangga ketika anaknya “berbohong putih,” maksudnya berbohong dengan cara yang tidak ngotot, mengalir seperti menceritakan sebuah kebenaran. Dan bohong adalah bohong, apapun alasan dan caranya. Anak boleh membawa kendaraan sekalipun usianya belum cukup dewasa, “asal jangan ketangkap polisi.” – adalah bentuk kebohongan putih.

Anak yang terlanjur nyaman berbohong, apalagi dengan ancaman hukuman entah badan atau bentakan, cenderung akan semakin meningkatkan kepandaian berbohongnya agar tidak ketangkap basah.

Sayang Pinokio yang hidungnya panjang kalau berbohong cuma ada didunia hayal.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

2 thoughts on “Anak Pandai Biasanya Suka Berbohong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s