Posted in australiana, kriminal

Surat Ned Kelly


Selasa 4 Februari 1879, empat orang berkuda nampak menuruni bukit tempat di kawasan Victoria lalu bergerak menuju arah utara. Musim panas bulan ini terasa menyengat, sumber mata air mengering, ternak-ternak mati kehausan dan kelaparan, udara seakan mencekik oleh semak-semak yang terbakar. Sungai Murray nampak dangkal sehingga dengan mudah mereka berempat melintasinya tanpa kesukaran. Tujuan utama adalah New South Wales (NSW). Menjelang malam, mereka beristirahat dan meneruskan perjalanan di siang hari.

Memasuki hari ke empat yaitu Sabtu 8 Februari 1879, sebuah kota kecil Jerilderie sudah nampak dari kejauhan.

Siapa kelompok ini kalau bukan Ned Kelly dengan temannya. Pemerintah Australia menyatakan mereka adalah buron berstatus “outlaw”- boleh ditembak kapan saja. Bulan Oktober 1878 di Stringybark Creek, kawanan ini baru saja menembak mati tiga polisi. Begitu menggetarkan kemampuan mereka berempat sehingga parlemen buru-buru menurunkan undang-undang agar mempermudah aparat menangkapnya.

Kepala Gang, tentu saja Edward “Ned” Kelly hanya tahun lahir 3 Juni 1855.

Adiknya Dan Kelly yang masih berusia 17tahun, namun usia semuda itu kerap bersentuhan dengan hukum. Ayahnya “Red” Kelly adalah orang hukuman dari Irlandia. Hukuman tujuh tahun diperolehnya dari tuduhan mencuri dua ekor babi di Irlandia. Red Kelly meninggal pada saad Ned Kelly berusia hampir dua belas tahun.

Anggota ketiga adalah Joe Byrne, pria tampan paling pendiam, namun yang paling “makan sekolahan.”

Lalu anggota terakhir yang mahir berkuda lantaran tubuhnya sekecil joki berkuda adalah Steve Hart.

JAGO KEPRUK DARI KECIL

Sejak kecil kebengalan Ned Kelly sudah nampak. Usia sepuluh tahun dia sudah sering berkelahi dengan lawan jauh lebih besar dan naluri berkelahinya begitu terasah sehingga setiap perkelahian, tidak memandang besar kecil lawan selalu dimenangkan oleh Ned Kelly. Debut kenakalannya saat ia merampok Ah Fook seorang peternak babi (1869). Alasannya, sang peternak pacaran denan saudaranya Eileen. Setahun kemudian ia merampok Harry Power. Daftar kenakalannnya diperpanjang setelah pada Oktober 1870 ia menyerang dan melukai Jeremiah McCormack.

Keluar masuk penjara tidak membuatnya jera bahkan membuat kemampuan berkelahinya makin matang.

Pada tahun 1874 baru saja dibebaskan dari penjara Ned terlibat berkelahian tangan kosong dengan seorang jago tinju Isaiah “wild” Wright. Perkelahian ini berjalan 20 ronde, tanpa sarung tangan, lagi-lagi Kelly keluar sebagai pemenang sehingga teman-temannya memandang dia sebagai “super human..”

Anggota Gang berwajah sastrawan Joe Byrne besar dari kelompok pengayak emas Cina Kanton. Pemuda ini fasih berbahasa Kanton, terutama soal sumpah serapah. Pelajaran lain dari bergaul dengan pekerja kasar emas adalah kebiasaanya menyedot candu.

MENYERGAP POLISI

Mereka berempat sekarang sudah mendekati hotel Woolpack Inn milik nyonya Davidson. Bulan purnama penuh membuat jalanan seperti sianghari. Didepan kantor polisi, tiba-tiba Ned berteriak, “Pak Devine (dia tahu nama dari hasil pengintaian) , ada keributan di hotel bu Davidson, mungkin perkara pembunuhan..”

Polisi Devine dan Richard langsung menyambar sabuk berisikan pistol dan peluru, namun begitu keluar markas, empat orang berkuda sudah mengacungkan senjata dengan wajah serius. Polisi-polisi in sadar bahwa pembunuh polisi yang selama ini dikejar-kejar sudah didepan hidung dan memperdayai mereka.

Setelah mengikat kedua polisi, Ned mendatangi kediaman Devine. Istri polisi yang malang ini sedang hamil, tapi Ned minta agar ia dimasakkan makanan malam sambil memaksa Nyonya Devine mendengarkan isi surat yang dibuat Ned sebanyak 56 halaman. Ned mengaku sudah sudah dua bulan ia menulis surat ini. Ned ingin surat ini dicetak bagai selebaran lalu dibagikan kepada warga kota sebagai protes atas perlakuan polisi bernama Fitzpatric.

MENYARU PETUGAS GEREJA

Sabtu malam mereka dengan santainya tidur di markas polisi. Hari minggu pagi, Dan Kelly yang berwajah inocent tampak membantu Ny Devine menyiapkan ruang untuk upacara misa gereja.

Keruan saja para pengunjung kota kecil keheranan ada wajah asing diantara mereka. Nyonya Devine menjelaskan bahwa pemuda ini adalah aparat dari kotaraja yang menyamar untuk membekuk gerombolan Kelly. Lepas makan siang Polisi Richard nampak dikawal oleh “polisi baru” – yaitu Joe Byrne dan Steve Hart, juga diperkenalkan sebagai aparat menyamar untuk membekuk penjahat Kelly bersaudara.

Hari kedua di Jerilderie, Ned sudah menduduki Hotel Royal Mail yang berhadapan dengan Bank New South Wales. Tanpa buang waktu Kelly dan Byrne merampok bank yang hanya berisi 2000pounsterling. Kelly merasa kecewa atas hasil rampokannya. Ia mengumpulkan petugas bank John Tarleton, akuntan Edwin Living dan clerk James Mackie. Namun dua sandera meloloskan diri yaitu si Gemuk James Rankin dan Harkin. Keduanya dengan mudah ditangkap kembali oleh Gang Kelly.

Sandera ketiga yang lolos adalah manusia yang paling diharapkan oleh Ned, yaitu Samuel Gill, editor koran Jerilderie and Urana Gazette sebab maksud utama Kelly merampok bank dan menduduki kantor polisi adalah keinginannya agar surat wasiatnya dicetak dalam surat kabar.

Sejak perampokan, publik Jerilderie mulai mengenal satu kata-kata “salahkan Fitzpatrick!” – sebab untuk mendukung perbuatannya kawanan Ned sering menyebut “kami lakukan ini sebagai pembalasan terhadap perbuatan Fitzpatrick”

MENEMBAK MATI 3 POLISI

Enam bulan sebelum perampokan Bank NSW, pada 15April 1878, petugas polisi bernama Alexander Fitzpatrick mendatangi rumah Kelly di bilangan Greta untuk menangkap Dan Kelly dengan tuduhan mencuri kuda. Tetapi pak Polisi terlalu banyak minum hari itu sehingga dengan sang adik melawan untuk tidak dibawa ke kantor polisi.

Dalam keributan kecol Fitzpatrick mendapat cedera dipergelangan tangannya. Dan inilah yang dijadikan alasan bahwa ia ditembak oleh Ned Kelly. Sementara Ned membantah dengan mengatakan saat kejadian dia tidak berada di tempat melainkan di New South Wales.

Keesokan harinya 16 April 1878, Ellen Kelly sang ibu yang masih meneteki anak berusia tiga hari, langsung digiring ke kantor polisi. Bahkan dua tetangga dekat Ellen yaitu Brickey Williamson dan Bill Skillion ikut diangkut sebab “percobaan membunuh polisi yang bertugas.”

Dan dan Ned bisa meloloskan diri dalam penyergapan tersebut lalu mereka bersembunyi di Wombat Range sambil meneruskan pekerjaan mengayak emas. Saat luang digunakan untuk berlatih menembak senapan panjang dan pendek. Tidak lama kemudian saudara Kelly yang lain Joe dan Steve bergabung bersama di Kamp Wombat Range. Kawasan tempat mereka tinggal dikenal sebagai kawasan Liar dan Sulit untuk diikuti jejaknya sehingga setiap terjadi pencurian Kuda atau Sapi, polisi selalu kehiilangan jejak disini.

MENYERBU MARKAS POLISI DI MANSFIELD
Merasa sudah cukup berlatih, dibara oleh dendam atas penahanan ibunya, pada 26 Oktober, kawanan Ned, Dan, Joe dan Steve menyerang asrama polisi. Dalam serangan mendadak tersebut, Michael Kennedy, Thomas Lonigan dan Michael Scanlon tewas ditangan mereka. Hanya satu nyawa yang sempat meloloskan diri dalam penyergapan yaitu McIntyre. McIntyre sehari-hari sebagai juru masak, sehingga saat mendengar serangan ia segera “nyengklak” kuda milik Kennedy yang sudah tewas. Di tengah perjalanan McIntyre terjatuh dari kuda gara-gara sebuah cabang pohon melintang di jalan. Karena kuda sudah terluka, McIntyre meloloskan diri dengan berjalan kaki. Malam hari ia tidur dan bersembunyi di bekas sarang Wombat. Peristiwa pembunuhan di Mansfield, beredar dengan kasus “Pembantaian Mansfield”

Usai dengan kasus “Pembantaian Mansfield” – dua bulan kemudian Senin 9 Desember 1878, kawanan ini menaklukkan kota Younghusband’s Faithfull. Dari dini mereka merangsek maju ke Euroa dan National Bank dan menyandera para pegawainya.

Kadang ia memamerkan jam tangan yang terbuat dari emas jarahan dari markas polisi. “jam bagus ya? bukanlah lebih baik begini ketimbang polisi yang memamerkan mayat saya di Mansfield?”

Kelly kemudian memerintahkan rekannya Joe untuk menulis ulang surat dan dikirimkan kepada Cameron dan John Sadleir. Cameron adalah anggota parlemen dan John Sadleir adalah kepala polisi. Bahkan surat inipun dipindahkan ke lempeng tembaga agar bisa naik cetak. Surat yang diterima anggota DPR Cameron tidak pernah dibacanya, bahkan diberikan kepada Graham Berry walikota Victoria.

Graham menganggap surat ini berbahaya sebab bisa menimbulkan simpati publik atas kesewenangan polisi dan pembenaran tindakan pembunuhan. Ada gerombolan yang cuma terdiri dari empat orang anak kamung saja sudah menimbulkan kewirangan besar, apalagi menyebarkan suratnya yang oleh sebagian ahli sejarah disebut sebagai “anak muda buta huruf tetapi pandai.”

Merasa suratnya tak digubris, Kelly mengubah taktik keras menjadi lunak. Hal ini ditunjukkannya di Jerilderie. Redaksi surat mulai diperlunak dengan menambahkan “Dear Sir, I wish to acquaint you with some occurences of the present past and future,” – sebuah surat sopan sekaligus klaim tanggung jawab atas peristiwa penembakan. kata-kata inilah yang dicatat sandera Nyonya Devine saat suaminya sang Kepala Polisi dikerangkeng Ned Kelly.

Tetapi cita-citanya untuk mempublikasikan suratnya berantakan sebab redaktur koran yang disanderanya yaitu pak Gill, diam-diam sempat meloloskan diri. Pasalnya tak seorangpun mampu mengoperasikan mesin cetak. Dengan gusar ia menyatroni rumah Gill dan ditemui oleh Nyonya Gill yang ternyata wanita berhati baja ini tidak menunjukkan sikap gentar sekalipun sudah mendengar kekejaman Kelly

“Kamu bisa menembak saya sekarang. Yang jelas kamu tidak akan menemukan tempat persembunyiannya. Mungkin juga suamiku sudah mati gara-gara kamu tembaki..”

Kelly yangsudah tidak tertarik merampok bank, ternyata dengan cerdik ia merampok “tulisan”. Hanya tulisan kelak yang menjadi sejarah hidupnya berabad-abad kemudian. Sementara uang rampokan akan habisa dalam semalam.

Sayangnya Nyonya Gill menyentuh manuskrippun ia tak sudi. Ia rela ditembak ketimbang memberitahu dimanasuaminya. Perlahan wajah Kelly mulai mengeras, sebentar-sebentar di elusnya gagang senjatanya. Tinggal hitungan wanita didepan Kelly akan menjadi mayat berlumuran darah. Living salah satu penunjuk jalan Kelly nampaknya membaca situasi, lalu ia memohon “Demi Tuhan Kelly, berikan artikelmu dan aku bersumpah akan menyampaikannya kepada Gill..”

Kelly mengalah dan memberikan naskah kepada Living. Lalu didepan orang banyak dia mengatakan alasan ia menjadi orang buronan dan mengapa dia ada dikota Jerilderie ini sambil merutuk kepada Fitzpatrick, sikulot hitam yang pemabuk dan rendahan itu. Sambil mengucapkan pidato Kelly bersandar di Bar lalu meletakkan Revolver disamping gelas minumannya dan berkata, “itu pistolku. Kalian bis amengambilnya dan menembak aku. Tapi kalau aku yang menggunakan pistol ini, kota Jerilderie akan mandi darah..”

Living yang diserahi “Surat dari Jerilderi” – pada suatu siang melihat keempat kawanan ini mabuk, lalu diam-diam meloloskan diri dengan berkuda selama delapan jam. baru menjelang tengah malam ia sampai di kota Urana lalu semalaman ia berkuda sampai di Deniliquin jam 5:45pagi lalu ia naik kereta ke Melbourne.

Jam 9 malam, harian Herald terbitan 11 Nopember 1878 mulai menyuarakan “Surat dari Jerilderie,” Publik Australia terhenyak, bagaimana mungkin gerombolan penjahat, outlaw, bisa menjadi berita hangat dan menarik dari segi kemanusiaan. Di Melbourne, Living melanggar sumpahnya. Naskah tidak pernah diterbitkan, bahkan ia berikan kepada polisi.

Naskah inipun ditangan kepolisian, “hilang”, dan baru ditemukan ratusan tahun kemudian pada tahun 1930 yang lalu diterbitkan oleh koran Melbourne Herald. Pada Desember 2000, naskah aseli ini disimpan dalam perpustakaan negara Victoria.

Surat dari Jerilderie, menggambarkan manusia yang sudah siap meledak, sekalipun cetak biru mengapa dia sampai meledak cukup aneh. Kesewenangan petugas Fitzpatrick yang sembrono seperti reaksi berantai dalam tubuh Ned Kelly, sampai meledak menjadi keputusan “shoot to kill” – tidak ada sandera, tidak ada tawanan.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

3 thoughts on “Surat Ned Kelly

  1. Saya dengar kisah Ned Kelly sendiri masih simpang-siur dan banyak versi. Kira-kira mana yang paling relevan? Saya pernah baca The True Hostory of The Kelly Gang yang diterbitkan oleh Penerbit Serambi, namun dikatakan bahwa cerita di dalamnya tidak relevan, hanya saja penulisnya bersikeras bahwa kisah yang ada dalam bukunya memang sesuai fakta. Jadi?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s