Posted in gaya hidup

Repotnya (dikit) mengurus Internet Banking


Sudah hampir 4tahun lebih buku tabungan saya di sebuah bank swasta terbesar Indonesia, tidak pernah tersentuh jari lentik para CSO (customer Service). Padahal urusan perbankan di CSO harus ada tiga perkara, kartu ATM, Kartu Tabungan dan KTP. Maka setelah semua usaha mencari buku kecil warna biru ini tidak juga membuahkan hatsil (t), saya melaporkan kehilangan ke pihak kepolisian. Setelah kehilangan sejumlah uang saya mendapatkan selembar kertas yang ukurannya masih gaya jadul (lebar, panjang dan diketik) lalu melaporkan peristiwa ini ke bank terbesar kami.

Singkat kata, saya diberikan sebuah buku tabungan baru.

Karena ini buku tabungan baru, untuk berinternet banking sesuai dengan petunjuk mbak Maia dan Candia dari kantor cabang pembantu di dekat kantor saya Cilandak, (dua-duanya ayu dan ramah), saya diharuskan mendaftarkan kembali internet banking saya.

Selesai mendapat username baru, maka beberapa hari kemudian, saya mencoba mengaktipkan internet banking. Saat mengecek jumlah saldo, semua berjalan sesuai harapan. Namun urusan selanjutnya berupa transfer antar rekening selalu ada peringatan bahwa Key XXX saya tidak terhubung.

Okeylah, saya mendatangi kedua CSO yang ayu dan penuh semangat membantu pelanggan. Saya dinasehatkan untuk melakukan tindakan Tambah Koneksi Baru di Internet Banking. Celakanya, setiap melakukan sebuah aktivitas, harus menunggu paling sedikit tiga hari kerja.

Hari yang dijanjikanpun tiba. Dengan harap-harap cemas, saya mencoba loggin dengan account yang baru, cek saldo, berhasil. namun saat akan bertransaksi gagal maning Son!

Gagal dengan internet saya mendatangi KCP terdekat. Merasa cara transfer melalui internet masih jauh panggang dari api, maka sekalian larut dalam antrean ATM untuk mentransfer sejumlah dana. Sialnya saat sudah berada di depan anjungan, ada pengumuman kertas truk habis. Kenapa tidak diberi penringatan sebelumnya toh yo…

Terpaksa saya balik kanan padahal dia cuma satu-satunya anjungan yang beroperasi.

Setelah mengambil kupon nomor seperti ditunjukkan satpam yang Ramah dan Rajin Membantu, maka didepan mbak CSO saya utaran kesulitan saya.  Kali ini tindakan mbak CSO Cilandak adalah menghubungi Hallo XXX – rupanya dia juga nampak penasaran. Maka siang itu Hello XXX dihubungi.

Beberapa menit kemudian, dengan wajah sedikit lesu perempuan berambut sebahu ini mengatakan “tidak ada yang menjawab mungkin pada makan siang.”

“Hello XXX” – bener anda meninggalkan pos hanya untuk makan siang?

Akhirnya saya menilpun sendiri petugas Hello XXX usai makan siang. Aku diberi nomor laporan. Tiga hari kerja, saya dihubungi. Singkat saja, kembalikan keyXXX bapak, dan daftar baru lagi.

Tanggal 31 Juli Key XXX saya kembalikan. Mbak Maia yang bukan Ahmad Dhani langsung berseru kagum (bener nih). “Waduh Key bapak sudah ketinggalan jaman ya, masih model kalkulator. Yang sekarang model hati..” – hati mak nyezz, memang sudah waktunya ganti alat pengacak password.

Jumat nanti kalau tidak ada aral melintang apalagi membujur, saya dijanjikan key XXX yang baru. Setelah lima hari kerja. “Tapi tilpun kami dulu ya..”

Pas jam kantor hampir usai, lagi-lagi saya datangi ATM satu-satunya, ternyata kendati sejak pagi kertas stroke sudah habis, menjelang jam 17:00pun belum ada tanda kertas akan diganti.

Lha kalau saya orang sederhana, lokasi anjungan adalah KCP, banyak orang disana. Ada yang bergelar “SUPER” – jadi otak saya yang cupet rada sulit memahami mengapa mengganti kertas saja harus menunggu sekian lama, harus dikawal pasukan bersenjata tetapi berkesan kurang siaga.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

2 thoughts on “Repotnya (dikit) mengurus Internet Banking

  1. internet banking emang enak sih.tapi kudu hati2 jangan sampai ada spyware atau keylogger tapi kalau yg dimaksud k******a aku rasa aman khan ada key***nya

    Like

Leave a Reply

