Posted in gaya hidup

Memboncengkan Balita Mudik memang berbahaya


Satrio 1988 usia setahun, ngileran dan tangan bapaknya harus selalu siap menangkap manakala ia melakukan gerakan membahayakan
Satrio 1988 usia setahun, ngileran dan tangan bapaknya harus selalu siap menangkap manakala ia melakukan gerakan membahayakan

Satrio bungsu saya tiba-tiba “nembung” alias membuat usulan agar motor bebeknya di jual dan diganti dengan motor setengah balap CBR. Sekalipun semula Ibunya nggak setuju tetapi akhirnya menyerah. Maka jadilah Satrio mendapatkan motor yang ternyata untuk inden-pun minimal dua bulan.

Rupa-rupanya ia kepingin memboncengkan ibunya, tetapi yang belakangan ini selalu menolak. “Bisa kering gigi mama,” katanya bergurau. Tentu maksudnya lantaran ia harus meringis ketakutan sepanjang diboncengkan Satrio. Maklum dengan anak selalu saja ada rasa was-was.

Dan dalam satu kesempatan emas, saya diajaknya berboncengan dari Grogol ke Glodok untuk membeli baterai laptopnya. “Kalau pakai mobil, susah cari parkirnya..Pa” – demikian kilah anak bungsu kami ini.

Baru helm akan saya kenakan, dia sudah mengasongkan masker. Saya pikir helm sudah cukup sebab masa sekolah dulu saya tidak kenal helm apalagi masker. Baru dua tiga kali dia ganti perseneling motor sudah minggir ke SPBU, “isi minyak dulu Pa, Pertamax..” – duh kepajek aku.

Perjalanannya sih awalnya nyaman, suara baju ditiup angin, lalu deru angin ditelinga mengingatkan saya masa mahasiswa dahulu. Namun ketika menunggu dalam barisan kendaraan lain yang menunggu lampu hijau menyala suasana terasa menyiksa.

Saya mulai tersengal akan bau asap dan hawa panas yang dipancarkan oleh knalpot kendaraan. Mungkin juga karena suasana puasa sehingga saya mudah sekali merasa mual.

Cuma sekitar 30menit bokong nangkring diatas sadel yang miring kedepan. Rasanya seperti menunggu tanggal 20, alias gajian.

Tercatat motor sempat “kebuang” kekiri sebab tangan kanan saya ditowel spion Avanza. Lalu di jalanan ada dua kali razia kendaraan bermotor. Ehm harap maklum, mendekati mudik yang harap (bisa juga) dibaca mendekati lebaran biasanya petugas pada beringas.

Tidak lama kemudian terasa mulut saya seperti dileleti cairan asam. Asap knalpot yang menembus sela-sela helm sudah membuat posko di wajah dan bibirku.

Tak heran pengendara motor selalu terkesan buru-buru. Kadang kalau salat bersama mereka, saat jaket dibuka saya bisa mencium bau keringat campur debu dan asap kendaraan.

Kali ini saya tegaskan, pengendar bermotor memang manusia tangguh. Sesampainya dirumah, saya seperti kesetanan mandi sebersih-bersihnya karena rasanya baju, muka, rambut berbau asap.

Itu baru perjalanan 30menit. Bagaimana dengan para pemudik yang sampai 8 jam tempuh. Dari sini saya tidak heran ada balita meninggal dunia dalam mudik berboncengan. Kita yang dewasapun salah salah bisa mabok perjalanan.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

2 thoughts on “Memboncengkan Balita Mudik memang berbahaya

  1. saya punya motor hasil nyicil, tapi simbok saya ndak pernah suka meskipun dia ndak perlu mbayari sesen pun. sekali saya bonceng membuat dia trauma seumur hidup, katanya cara nyetirnya ugal2an .. ndak seperti bapak saya .. la iya kalo c70 dibandingin satria .. yoo jauhh

    Like

  2. Aku juga kering gusiku mdigonceng satrio, semua pelajaran bapaknya seperti jangan nyalip dari kiri, jangan menerobos diatara dua kendaraan di terabas semua

    Like

Leave a Reply

