Posted in gaya hidup

Mbesuk 22 September 2008 hari bersejarahku


Para Siswa MudLogger

Senin di pengujung September 2008 saya akan menyaksikan paling tidak selusin lebih mudlogger yang baru kami terima bakalan mengikuti kursus singkat pengenalan alias pembekalan masalah keamanan, keselamatan, lingkungan di  perusahaan dan masalah personalia.

Mereka akan menjadi ujung tombak perusahaan kami berpacu didalam bisnis mudlogging di Indonesia. Di tangan mereka terletak jatuh bangunnya perusahaan. Mesin perang ini sudah dijalankan.

Namanya memulai sesuatu maka, saya cukup nyungsep diserahi tanggung jawab ini. Dulu pekerjaan importasi, tiket, rekrutment, marketing dikerjakan oleh seksi atau bagian lain yang berbeda. Sementara saya harus belajar menguasai disegala lini. Amburadul, sudah pasti.  Manusia memiliki keterbatasan, namun bagi saya adalah tantangan.

Ada sekitar lima puluh teman di kantor saya, namun selain mereka sibuk akan urusannya masing-masing, kata “mudlogging” merupakan mahluk aneh dari angkasa luar. Beberapa teman baru juga mengulurkan tangan membantu, hanya memang karena bidangnya berlainan, seringkali kami mandeg ditengah jalan. Misalnya saja, saat membuka sebuah file untuk keperluan sebuah pembelian barang kadang database pelanggan tidak bisa ditemukan, padahal dunia tahu client saya adalah perusahaan minyak terbesar di dunia. Seorang admin yang seksi menolak menolong divisi kami karena hanya menambah beban pekerjaan yang sudah banyak. Ujungnya minta upah tambahan.

Secara logika bisnis, mendapat pelanggan kelas dunia semua orang akan bersorak-sorak nggruduki lokasi client, tetapi bukan hal demikian yang saya temui. Bahkan cenderung menghindari sebab client besar biasanya arogansinya besar juga.

Keunikan lain adalah mengelola pekerjaan yang melibatkan importasi barang rental ke Indonesia. Setiap hari saya harus berhubungan dengan pihak dari negara Australia, Negara  Singapura dan client Amerika. Semuanya kepingin hanya pendapat mereka yang betul. Ibarat juru masakan, kokinya terlalu banyak. Pekerjaan juga sempat tertunda.

Yang mungkin saya menjadi sedikit merasa bersalah adalah saat ini saya menjadi sosok berbahaya sebab “ngerampok” aset SDM milik perusahaan lain. Saat ini memang tindakan tersebut harus dilakukan “walau tidak mudah” – karena sempitnya proyek dengan tenaga kerja yang tersedia.

Namun untunglah sekalipun seribu satu pekerjaan harus dilakukan, dasarnya saya senang jongkok didingklik (bangku) sambil mengamati layar laptop maka dengan mengandalkan “speedy” saya tetap bisa berkomunikasi dengan teman dari negara manapun.

Saya benar-benar menerapkan sedang SOHO, small office home office, misalnya setelah internet maka peralatan kmunikasi dirumah saya ganti menjadi sebuah printer yang merangkap scanner dan fax. 

Dan supaya orang rumah tidak merasa dimadu dengan komputer pangku, saya biarkan ia menikmati sinetron-sinetron besutan Leo Sutanto sambil sesekali menimbrung. Perkara sebel melihat cara penyelesaian selalu terlalu mudah dengan “kecelakaan kendaraan,” lalu memunculkan sosok manusia Indonesia baik pihak putih maupun hitam selalu punya kebiasaan “nguping” – ya terima sajalah. Untung anak-anak sudah besar.

Satrio jarang dirumah. Jadi membawa pekerjaan ke rumah saya anggap pengganti baca koran.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.

2 thoughts on “Mbesuk 22 September 2008 hari bersejarahku

  1. Wah Bu Dokter jangan sadis dengan calon pasien dunk. Maksudnya dududk dodok dingklik – biar tidak betah didepan laptop. Tapi gara-gara speedy “broadband baik” memberikan gratisan internet jam 20:00-08:00 saya jadi tidak ingin menyianyiakan kesempatan ini

    Like

Leave a Reply

