Posted in mudlogger, mudlogging

001. Mudlogging – BID – Lelang


While on “idle” I would like to share, how to get MudLogging Bid in Indonesia. Register, Purchasing and Reading the document.

Mumpung memasuki pensiun, saya usahakan menulis pengalaman saya selama menjadi mudlogger dari A sampai Z. Pekerjaan sebagai mudlogger umumnya 2 minggu di lapangan (Rig) dan 2 minggu di rumah (OFF). Saat dirumah, kalau anda mau mengorbankan waktu untuk mengunjungi kantor, manfaat yang dipetik akan banyak. Banyak mudlogger yang berpengalaman biasanya “alergi” dengar kata-kata lelang sekalipun sadar sumber penghidupan datang dari lelang yang dimenangkan. Bila anda bosan selalu bekerja di lapangan minyak yang jauh dari keluarga dan menginginkan menjadi STAF alias bekerja di kantor, mulailah membaca sedikit demi sedikit mengenai lelang. Manajemen akan menilai seseorang mampu menahan beban di kantor dimulai dari perilaku kita sehari-hari .
Mimbar Saputro

TENDER atau Lelang.

Mendapatkan pekerjaan di mudlogging, lubangnya hanya satu yaitu mengikuti Lelang. Dari persyaratan lelang, diketahui Surat-Surat penting apa saja yang diperlukan oleh pemilik tender.

Tidak ada di dunia permudloggingan pekerjaan diberikan begitu saja tanpa melalui proses lelang. Lelang umumnya diberitakan pada harian seperti Suara Karya (dulu monopoli), lalu harian lainnya.

Jadi jangan percaya kata manis seperti akan memberikan penunjukan langsung sebab kalau terjadi dispute – perusahaan sampeyan yang bakal kalah sebab ada regulasi BP Migas.

Karena lelang mudlogging sering tidak konsisten medianya, mau tidak mau penikmat mudlogging kudu beli seabreg koran ibukota.

Perkara setelah koran dibaca mau dibawa pulang, ya itu memang pekerjaan sampingan bagian kontrak mudlogging. Kalau anda simpan di kantor dalam sebulan meja anda sudah disita oleh harian yang banyak halamannya namun beritanya basi sebab sudah dimuat dari detik ke detik oleh TV kita.

Ada juga beberapa jasa internet menyediakan website berisikan data lelang. Tapi saya yang sinis biasanya berkomentar, kalau menulis merupakan pekerjaan dianggap SIA SIA oleh sementar orang, jangan heran website kadang tidak diupdate beberapa waktu. Paling semangatnya pada awal-awal Proyek Website dibuka.

Jadi saat pagi-pagi benar usahakan baca koran secara cepat, terutama dibagian iklan yang ada kata-kata mudlogging. dari sini saja kita bisa tahu apakah sebuah perusahaan minyak bonafide atau tidak. Misalnya ada yang bego dengan pede menulis mudlogging engineer, tetapi deskripsinya bikin lumpur, ngaduk barite, pasti pembuatnya amatiran sehiingga tidak bisa membedakan antara pekerjaan MudLogging (Geologi) dengan Mud Engineering (Kimia). dan sampai abad ini kesalahan tersebut masih sering ditemui.

Setelah tahu alamat dan tanggal Pendaftaran, maka lakukan pendaftaran. Jangan lupa anda memberikan alamat perusahaan terutama nomor mesin FAX sebab seringkali pemilik lelang berat sebelah – mereka dengan Tegas dan Berwibawa menyatakan tidak menerima komunikasi melalui apapun, tetapi nomor Fax yang kita berikan dijamahpun tidak. Sebaiknya memiliki lebih dari satu mesin Fax. Dalam lelang di Indonesia, kita agak mundur ke jaman mesin fax berjaya.  Jasa internet – masih sebatas pendukung.

Mud Logging adalah pekerjaan yang sudah puluhan tahun di Indonesia. Percaya atau tidak, proyek ini kalau sudah masuk lelang, dia bisa macam pekerjaan Abu-Abu. Ada yang memasukkan dalam Geofisika ada yang memasukkan dalam Seismic, ada yang memasukkan dalam pekerjaan yang dari judulnya sering tidak nyambung. Tetapi itulah mudlogging. Saya cuplikan dalam salah satu pengumuman lelang online.

Persyaratan Administrasi :
Untuk mendapatkan Formulir Pra-Kualifikasi, Calon Peserta Lelang harus menyerahkan Surat permohonan Mengikuti Lelang dan melampirkan bukti pengalaman kerja di bidang yang sejenis dengan lelang tersebut berupa copy SO / CONTRACT (hati-hati jangan pernah menaruh angka kontrak disini, sama saja anda membuka rahasia dapur)


Setelah Formulir Pra-kualifikasi diisi agar dikembalikan kepada Panitia Lelang dan dilampirkan dengan biodata perusahaan yang dilengkapi dengan dokumen-dokumen, antara lain :
1. Akte Pendirian Perusahaan dan Akte Perubahan terakhir, dilengkapi SK Kehakiman (bagi PT diutamakan yang sudah disesuaikan dengan Undang-Undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007) atau pengesahan Anggaran Koperasi oleh Ditjen Bina Lembaga Koperasi (bagi koperasi).
2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
3. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKD).
4. Pajak : NPWP/PKP dan Bukti Pembayaran Pajak Perusahaan tahun terakhir (PPh Badan).
5. Daftar Susunan Pengurus terbaru Perusahaan (Komisaris dan Direksi).
6. Daftar Susunan Kepemilikan Saham (bagi PT) atau Susunan Persero (bagi CV).
7. Bagi peserta Tender yang telah lulus Admin Prakualifikasi wajib melampirkan SPDA EMP yang masih berlaku dan tidak perlu melampirkan persyaratan administrasi No.1 s/d No.6 diatas.
8. Bagi peserta Tender yang telah memiliki SKT-SHE CSMS Group EMP yang masih berlaku, wajib untuk dilampirkan dan tidak perlu mengikuti Evaluasi HSE.

B. Persyaratan Khusus :

1. Bukti pengalaman kerja sejenis dalam kurun waktu 7 (tujuh) tahun terakhir, pernah memiliki pengalaman menyediakan barang/jasa sejenis di lingkungan industri perminyakan, pemerintah atau swasta baik sebagai pelaksana utama maupun sebagai mitra.
2. Apabila penyedia Barang/Jasa yang melakukan kemitraan (konsorsium/joint venture) wajib menunjukkan perjanjian kerjasama/kemitraan yang memuat antara lain tanggung jawab para pihak, persentase kemitraan, dan perusahaan yang mewakili kemitraan (lead firm) tersebut.
3. Menyerahkan Surat Pernyataan kesanggupan memenuhi persyaratan TKDN (Komponen Dalam Negeri yang akan digunakan dalam proyek) minimal sebesar 35%.
4. Copy Neraca Perusahaan dan Laporan Laba-Rugi tahun terakhir yang telah diaudit oleh Akuntan Publik termasuk didalamnya opini dari auditor, dengan kekayaan bersih antara Rp 500 Juta sampai Rp 10 Milyar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, atau Hasil penjualan tahunan antara Rp 2,5 Milyar sampai Rp 50 Milyar.
5. SKT Migas yang masih berlaku. SKT= Surat Keterangan Terdaftar

bersambung BELI LELANG

Mimbar Saputro
Senior Mudlogger

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.