Posted in malaria

Rambo Malaria Zone


Lotion sebagai pengganti lotion yang biasa kita kenal..

Kendati sering bolak balik ke Irian Timur alias Papua New Guinea (PNG), tak urung terkejut juga ketika dapat surel yang mengatakan bahwa visit kali ini saya kudu siap perang dengan malaria dan habis-habisan serta tidak boleh minta bantuan pihak lain.  Nampaknya PNG sedang epidemik Malaria sehingga setiap orang diminta kewaspadaan penuh.  Sekalipun rumusnya malaria menggigit sekitar jam 8 sore sampai jam 03:00 dinihari – sebaiknya ambil patokan Matahari Terbenam sampai matahari Terbit adalah waktu bagi nyamuk malaria berburu darah dan memberikan bonus penyakit mematikan.

Anda harus menggunakan celana panjang, baju lengan panjang dan beberapa persyaratan lainnya.

ABCD ..Orang-orang pinter lalu bikin singkatan misalnya

A dari Awareness -yaitu mengetahui siklus hidup malaria, jenis malaria. Bagaimana malaria melakukan “Virus transmission” kedalam tubuh.Tanpa segera ditangani malaria bisa mengakibatkan sakit macam flu yang tak berkesudahan, gagal ginjal , koma bahkan kematian. Sementara manusia yang sedang ditulari parasit akan merasakan sensasi Pusing-pusing, Meriang, Menggigil Kedinginan tetapi suhu badan panas,  mual-mual dan muntah.

B dari Bite- artinya No Bite No Malaria. Menghindari diri dari gigitan Malaria bisa dilakukan dengan menggunakan baju lengan panjang, celana panjang dan menutupi kulit dengan lotion anti Malaria

C Chemoprophylastic – artinya melindungi diri dari malaria dengan bantuan obatan. D – Diagnose. Malaria akan mudah diatasi cukup dengan early diagnose, karena didaerah rawan sering tidak tersedia tenaga medis apalagi obatan maka digunakanlah Malaria Kit yang bisa melakukan pengetesan secara Selp Help.

MALARIA TIDAK LANGSUNG DIRASAKAN SEJAK DIGIGIT. Diperlukan waktu inkubasi 1-2 minggu terkadang, bahkan ada yang sampai 1 tahun. Saat nyamuk malaria “sehat”  menghisap darap orang yang darahnya sudah terkena parasit malaria, otomatis parasit ngumpet diusus malaria. Malaria pembawa parasit ini akan menularkan parasitnya saat ia menggigit orang sehat. Mula-mula parasit ngendon di Liver – lalu setelah beranak pinak dengan cepat mereka mulai menggeragoti sel darah merah – dan munculah gejala panas dingin, muntah, kram, badan pegal.

Berikut daftar obatan yang harus saya bawa:

  • Lotion Oles.. digunakan dibagian tubuh yang tidak tertutup pakaian.
  • Obat Semprot pakaian agar nyamuk Anopheles yang bersembunyi dipakaian dan telur-telurnya bisa dibasmi sebab belakangan diketemukan bahwa sekalipun dibaluk pakaian ternyata Nyamuk masih mampu menerobos jalinan kain.
  • Seandainya terjadi gejala semacam pusing, pegal-pegal pada sendi, mual, muntah, mencret pendeknya gejala seperti Flu, supaya tidak keliru dengan Malaria seyogyanya kecurigaan harus diklarifikasi dengan Rapid Screen Test – yang mirip melakukan pengecekan gula darah.
  • Sebelum bertugas atau bepergian ke lokasi Malaria,  kita sudah mulai mengonsumsi obatan pencegah Malaria. Saya memilih obatan yang mudah dicari di Indonesia yaitu turunan dari Tetracycline – obat ini  diminum setiap hari saat makan. Alpha atau kelupaan satu kali harus segera dibayar sebab boleh jadi saat kita lengah gigitan terjadi. Oh ya,  Anopheles tidak menimbulkan suara, bahkan saat menggigitpun tidak menimbulkan rasa gatal sehingga mereka macam pesawat “stealth” yang bergerak diam-diam tetapi mematikan.
  • Diluar masalah Malaria, panas yang menyengatpun bisa mengganggu kerja sehingga dianjurkan – menggunakan semacam SunBlock lotion lalu penggunaan tabir tambahan seperti Sun-Shade ataupun Sun-Brim agar bagian tengkuktidak dihantam sinar matahari.
    Sun-Shade
    Obat yang harus ditenggak sebelum, semasa dan sesudah berada di zone Malaria
    Alat Self Help – malaria

    Obat semprot pakaian untuk membunuh Nyamuk Anopheles

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.