Posted in mimbar

Red Dog 5 (Selesai)


wp-1469292459934.jpg
Asal mula Kelpie dimanfaatkan sebagai anjing gembala. Red Dog adalah trah Kelpie.
wp-1469292826382.jpg
Suasana pertambangan 1960-an

Red Dog (5) – Selesai…
Dongeng buat cucu..

Suatu ketika diadakan kontes kecantikan anjing. Mendadak RedDog muncul dan mulai mengganggu ketertiban acara. Puas mengacak acara iapun melesat pergi.

10 November 1977 – Red Dog menunjukkan gejala keracunan. Sekalipun bukan untuk pertama kalinya ia keracunan namun kali ini strychnine yang ditelannya sudah dalam tahap membahayakan. Ketika diobati oleh Rick Fenny ia menunjukkan gejala sembuh namun  ternyata mengalami kerusakan otak.

Umpan yang mungkin ditujukan untuk Kanguru atau memang ada yang sengaja ingin membunuhnya karena sifatnya yang ugal-ugalan. Sayangnya dokter hewan Rick sedang bertugas di tempat lain sehingga tidak dapat segera merawatnya. Baru sehari kemudian Rick bisa datang dan mendapatkan keadaan sudah kritis.

Sebelum kedatangan Dokter – mereka memutuskan untuk menembak mati Red Dog. Ekseskusipun gagal sebab Kepala Polisi tidak sampai hati membunuh hewan yang sudah seperti teman mereka.

Akhirnya dokter hewanpun mempercepat liburannya. Semua sudah terlambat. Red dog mengalami koma selama 3 hari sebab racun telah merusak otaknya. Ketika semua mengira dia sedang tidur, Red Dog menyelinap tertatih hendak pergi mencari tuannya John…

21 November 1977, warga Dampier geger menemukan Red Dog sudah tidak bernyawa lagi. Muntahan berceceran disekelingnya.

Sahabatnya Orky Date dan Bob Heath membicarakan bagaimana sebuah kenangan atas Red Dog akan dilakukan.

Untuk menghormati Anjing Bandel, tak Bertuan namun sekali ia percaya pada seseorang ia yang menjadikan kita tuannya maka didirikanlah patung Perunggu dalam pose ia mondar mandir mencari tuannya yang telah mendahuluinya.

Hampir seluruh warga Dampir dan sekitarnya menyumbang doa dan uang. Orky Date – the WareHouse man yang membukakan rekening, menyumbang 500 dollar (1977 jumlah segitu sesuatu banget).

Pematung Meri Forrest, menggratiskan biaya kerjanya setelah membaca kisah  Red Dog. Awalnya ia mendapat kesulitan membayangkan seekor anjing – seenak udel- aggresive-tidak ramah namun disukai begitu banyak orang. Ketika selubung plastik dibuka saat peresmian patung, Meri menangis sejadi jadinya, ia seperti mengenal lama sosok Red Dog.

Tetapi warga juga melihat – saat RedDog pacaran dengan anjing betina di pelosok kota. Beberapa keturunannya memperlihatkan sifat liar dan suka bepergian kendati tidak seperti Ayahnya. Pesan lainnya dari cerita ini adalah peliharalah hewan sesuai dengan kondisi rumah anda. Anjing Gembala seperti RD tentu tidak akan betah disuruh tinggal dalam rumah.

Wendy Gomersall pada oktober 2011 sedang berlibur di Karratha – Australia Barat, ketika Michael sang supir merangkap guide mendadak menginjak rem. Telunjuknya mengarah kesatu titik, seekor anjing, medum, kotor dengan bulu seperti besi berkarat, sedang berlari kecil. Ekornya tegak , berguncang diudara, hidungnya mencium -cium jalan.

‘Hey Boy,” teriak Michael. Red Dog menolehpun tidak bahkan menghilang dibalik pengkolan. Sambil berjongkok, michael membunyikan suara yag diproduksi dari gesekan jempol dan jari tengah. Percuma..

Itulah dia, tidak bersahabat sama sekali. Boleh jadi mahluk cuwek tadi adalah salah satu cicit dari Red Dog yang legendaris.

Kalau anda berkesempatan ke Karratha atau Dampier, akan menjumpai klub motor Red Dog atau apa saja dengan embel-embel RedDog. Warga setempat menganggapnya pahlawan sekalipun sifatnya Antagonis.

Sekian..cerita dari kakek Mimbar untuk cucuku.

Tambahan.

Filem Red Dog bisa diunduh melalui Torrent. Kalau saja Richard Gere atau Tom Hank yang membintanginya mungkin saja ia akan menjadi kisah lebih mengharukan.

Koko anjing Kelphie yang memerankan Red Dog, meninggal dunia pada awal 2012 karena sakit jantung dalam usia 7 tahun. Rick Fenny sang dokter hewan masih buka praktek di Karratha.

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.