Posted in mimbar

PUYI – dan Kromo Inggil


PROPOSAL FOR NARA, 1, FROM KAIZAR PUYI

Setelah antar kakak Anya, 3, ke Pre-school maka acara adiknya Nara,1, bermain di taman. Selesai bermain – dia sudah lelah dan saat dibawa ke rumah lalu diberi sebotol susu tepung – Bukan-Similac – dia langsung Tepar tertidur.

Di Taman biasanya akan dijumpai orang yang itu itu saja.

Ada Yang main Taichi, yang Wushu, Senam Gembira, tari badminton, palang dan banyak lagi. Yang bocah main perosotan, rolling, atau uber-uberan dengan pembantu yang akan menyuapinya.

Diantara yang ajeg tadi ada seorang bocah lelaki sekitar 1 tahun nampak seperti kaisar Puyi. Ia belum bisa berjalan cepat apalagi berlari mundur seperti Nara (Kakek Ngebanggainnya terlalu). Saya bilang Kaisar – Lha di taman angin sembribit bikin saya buru-buru cari PPO (Pak Pung Oil) elatala sang Kakek dan Nenek gonta ganti mengipasin sang bocah…… Seakan takut mentah di dalam..

Kaisar Puyi ini begitu melihat Nara ..langsung senyum di atas sepeda roda tiga kudapat dari ayah. Demikian pula cucu saya. Pokoknya nge-klik dah..

Karena bocah ini ngomongnya masih bekah bekuh .. Sang Kakek dan Nenek menerjemahkan maksud cucunya.. dalam bahasa Mandarin yang Kromo Inggil. Jadi ada dua jalur kominikasi acak adut..

Saya yang sekarang bekah-bekuh – tidak tahu mau mengerti darimana, apalagi menjawabnya..

***

Di kantong bawah PRAM (gledekan) Nara selalu ada air minum, biskit dan snack kecil. Nara napsu-banget makan kalau berada di taman. Mungkin malah sebenarnya karena ditonton teman.

Kadang Puyi pasang mupeng kalau melihat Nara pegang biskit.

Tak ada salahnya sepotong diberikan. Melatih “sharing”.

Sang Bocah menanggapi pemberian dengan wajah dan gerakan seperti lamban seperti Flash seekor SLOTH (kukang) ahli database kendaraan dalam filem animasi Zootopia.

Biasanya lagi-lagi sang kakek menerjemahkan – “ambil kan dikasih jangan lupa bilang Kamsia Yah..” – eh yang Kamsiah karangan saya, Mandarin Kromo Inggil nggak pakai istilah itu. SiehSieh.

Biskit sudah ditelapak tangan menghadap keatas..Mirip wasit piala Eropa hendak mentoss koin ke udara. Tapi tak kuncung masuk mulut, dan telapak tangan tak pula menutup..

Nara melihat bocah ini plenggang bin plenggong – Dalam hitungan “detik diperlukan untuk me-reset modem ke Factory Default” artinya cuma tiga detik, maka tangannya bertindak ..Biskit sudah balik ke pemilik – malahan sudah diemplok Nara.

Kaisar seperti baru sadar biskit ditangan sudah hilang .. dia mengadu bekahbekuh tapi kami tidak perlu penjelasan terjemahan dari Kakeknya. Nara langsung ditarik pulang..

Tadi pagi saat dibawa ke taman .. Nara terkantuk diatas pram. Dia kurang selera bermain. Kami memutuskan berputar-putar keliling taman paling tidak ada 5000 langkah dan baru pulang.

Saya mendengar bocah bayi teriak teriak sehingga menoleh..

Suara itu berasal dari Kaisar Puyi. Ia memegang sesuatu digulung lantas diacung-acungkan.

“Gile hare gini anak 1 tahun sudah modus..”

Saya berhenti menunggu ia menghampiri kami menyerahkan Bunga maksud saya proposal TV modern dengan bunga cicilan rendah.. Agak kaget juga jangan-jangan dia agen rahasia yang bisa tahu tv dirumah memang rusak.. Atau menunjukkan darah dagang yang kuat.

Perlahan tapi pasti area Rendezvous kami tinggalkan.. Kuatir Kakek dan Nenek mengajak nggosip dalam kromo Inggil bahasa Kaisar Puyi..

Awas Nara kamu nanti gongdongen, sudah ngasih kok diambil balik.

dalam 13775550_10208561273722356_9140360007451819963_nkromo Inggil bahasa negeri Kaisar Puyi..

Author:

Hi.. Mimbar Saputro.. friend call me Mimbar. Live in Jakarta and Bekasi, Indonesia. Above 58 years old, love to write anything, but still afraid write in English. Retired real mudlogger, "promised" Directional Driller coordinator, "promised" mudlogger's Director. Since 6 Januari 2012 - been third time retired. My actual job is drilling rig "mudlogger" - a person who collect information based on drilling shit or cuttings. I like to write about drilling rig, but ones must remember the Oil industry is Tighthole Policy, therefore you cannot tell about your rig too much. After twice got "golden shake hand" another word for "early termination" - they said I am too old for such job, I am working in West Australia, the country where the older is the better. I love working here because the payment good, people nice, food superb. And they did not even bother how old am I as long as I can work, in good shape.Thats all. Hello: Nama saya Mimbar Bambang Seputro, tetapi di Pasport kadung ditulis SAPUTRO. Waktu kecil dipanggil PekBang. Kelahiran Banten Jawa Barat. Sebetulnya cita-cita sih menulis kehidupan saya pribadi sebab setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang bisa dibagikan kepada orang lain. Sayangnya banyak dari kita meninggalkan dunia bak sebuah orkestra indah yang belum pernah diputar karena tidak berani mencoba menulis kehidupannya. Bahkan banyak orang kalau namanya kebetulan mirip dan tersenggol - marahnya bukan main. Padahal apakah cerita kehidupan harus selalu glorius, penuh kemenangan. Banyak kan kita membaca otobiografi seperti sekolah pinter, anak Wedana, anak Orang kaya, Ganteng, ndak pernah salah sementara sayapun juga manusia, punya kelemahan. Saya bekerja di sebuah konsultan perminyakan di Australia. Namanya memang keren "MudLogger" tetapi pekerjaannya mengayak lumpur pengeboran. Setelah lumpur dibuang maka batuan yang sudah menjadi serpih ini kami tata teratur dalam baki kecil dn dilihat dibawah mikroskop. Sisa batuan lainnya kami bungkus dalam kain mori. Lalu kami jemur dibawah terik matahari. Rata-rata berat satu bungkus harus 2 kilogram. Kalau contoh serpih batuan ini sudah kering, kami bungkus dalam kantong plastik seberat 200gram. Biasanya satu set terdiri dari 4 kantong plastik. Dan kantong-kantong ini kami kirim ke pelanggan kami untuk dilakukan pemeriksaan geokimia dan analisa batuan lebih terperinci.