Joni Indo


Joni Indo dari Perampok, Preman menjadi Pendakwah

Joni Indo dari Perampok, Preman menjadi Pendakwah

Di acara Kick Andy, Jhoni Indo menceritakan pengalamannya menjadi penjahat, mencoba lari dari Nusakambangan sampai akhirnya tertarik menjadi pendakwah.

Sebagai santri magang, maka sehari-hari ia mengikuti Kiyai Zainuddin MZ berceramah. Dalam suatu acara yang tidak disangkanya, seorang panitia penyelenggara menyelipkan amplop tebal kesaku Jhoni dan ke saku Kiyai Zainuddin.

Rupanya pertama kali mendapat honor berceramah membuat hatinya bertanya mengenai isi amplop. Sepanjang perjalanan dia gelisah. Sebentar-sebentar dirabanya kantung yang menggembung karena amplop tebal.

Akhirnya ia tidak tahan godaan lalu permisi kepada pak Kiyai untuk ke toilet yang sebetulnya hendak melihat isi kantongnya.

Ternyata isi amplop tadi cukup banyak sekitar 3 jutaan. Namun saat dibalik-balik, tertulis nama “Untuk Bapak Kiyai H Zainuddin MZ” – jelas salah alamat.

Saat keluar dari toilet ia menemui kiyai sambil menceritakan apa yang terjadi, tetapi kiyai bilang “ambilah, itu rejekimu sebab saat kamu ke toilet saya juga melihat amplop saya dan tertulis nama Jhoni Indo.”

Dalam sebuah tayangan TV, sejak jadi juru dakwah Johni mulai diundang ceramah di beberapa tempat. Satu tempat dikawasan Guci, ia diperlakukan seperti raja. Makanan lezat tersedia, bahkan uang saku yang diberikan kepada Jhoni pun boleh dibilang tebal.

Belakangan Jhoni terhenyak sampai bersimpuh menangis di kaki sang pemilik rumah. Ia adalah salah satu dari pemilik Toko Emas yang di rampok oleh Jhoni. “Anda bukan manusia – anda malaikat,” kata Jhoni dalam isak keharuannya. Bagaimana mungkin orang yang sudah pernah disakiti olehnya, hartanya dirampok, etnis minoritas, ternyata malahan berbuat baik kepadanya.

Bulan Agustus 2008 di Terminal 1A saya beruntung melihat sosok ini berjalan didepan saya.

Langkahnya perlahan mirip terhuyung-huyung sambil menghembuskan rokok kretek. Kecuali tatapan matanya yang memang masih terasa berat, dan lirikan penuh waspada maka praktis kehebatan fisik Joni Indo sudah tidak nampak bekasnya. Segera kamera saku saya siapkan dari dari kejauhan, Joni Indo saya amati gerak geriknya dan saya abadikan. Sekalipun tidak sempurna, namun setidaknya wajah JI bisa dipaparkan di situs ini.

About these ads

17 thoughts on “Joni Indo

  1. Pengen tau donk, email atw websitenya jhoni indo… Pls ya………..Profilnya jg dech..Thanks baget dech.

  2. Saya photographer amatir yg tertarik untuk membuat karya foto tentang salah satu orang yg sangat kagumi di negeri ini.

    Mohon dibantu ya … segala access dan info akan sangat membantu.

    Terima kasih sebelumnya

    wass
    D

  3. tolong minta email nya atau nomer yang bisa di hubungi dong.saya kenal di bgt nich,
    aku anak nusakambangan juga nich…thanks bgt yach

  4. eh salah tuh Anak buah Joni Indo pribumi semua kali di namain “PACHINKO” itu gaar2 dulu mereka suka balap-balapan sama anak Pachinko di Kemayoran

  5. saya mau panggil joni indo isra mi’raj skrng tp minta alamat dan no hp nya kalo ada sms ke no saya 085776339974

  6. Saya mnta almt dan no tlpn johny indo/ H umar billah, bwt dakwah di tempat saya! Ni no hp sya 085218196019 mhon bantuan nya. Terima kasih!

  7. Minta alamat dan no Hp pa H johny indo/ H umar billah buat dakwah di tempat saya! No no hp saya 085218196019 terimakasih!

  8. to: bpk.jhoni indo sya anak dri pk.soleman kumis yg prnah 1 sel di LP gleger,,,ayahanda brpsan,smpay kn buat pk.jhoni…salam dri pk.soleman kumis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s